BPBA Laksanakan Sosialisasi Hotel Tangguh Bencana

Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyelenggarakan Sosialisasi Hotel Tangguh Bencana bertempat Kyriad Muraya Hotel, Senin (08/04).

Kegiatan yang berlangsung sehari tersebut diikuti 30 peserta yang merupakan General Manager Hotel yang berada di Banda Aceh dan Aceh Besar.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh, H. Teuku Ahmad Dadek, menjelaskan Hotel Tangguh Bencana adalah Hotel dan atau Penginapan yang mempunyai komitmen akan budaya aman dan sadar akan risiko, memiliki rencana yang matang dan mapan sebelum, saat dan sesudah bencana dan selalu siap untuk merespon pada saat darurat bencana.

Teuku Dadek yang menambahkan bahwa kegiatan ini juga merupakan rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Aceh sekaligus menyongsong Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2019 karena keesokan harinya akan dilaksanakan Workshop dan Focus Group Disscusion selama 3 (tiga) hari di tempat yang sama untuk 30 orang Divisi Keamanan dan Keselamatan Hotel di Banda Aceh dan Aceh Besar.

Hari Kesiapsiagaan Bencana yang diinisiasi oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana Tahun 2017 lalu telah menjadi kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan secara serentak seluruh Indonesia setiap tanggal 26 April pukul 10.00 WIB.

Ia menjelaskan, BPBA telah berpartisipasi secara aktif sejak 2017 dan 2018 mengkoordinir Instansi/Lembaga terkait dan mendorong Badan Penanggulangan Bencana Daerah di seluruh Aceh untuk sama-sama secara mandiri melaksanakan Hari Kesiapsiagaan Bencana dengan *#SiapUntukSelamat* *#BudayaSadarBencana*

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh terus mendorong, Kegiatan Simulasi Hari Kesiapsiagaan Bencana senantiasa tetap dilaksanakan secara mandiri di seluruh Aceh sesuai dengan ancaman bencana di masing-masing Daerah misalnya Banda Aceh dan Aceh Besar yang memiliki potensi bencana Gempa Bumi dan Tsunami akan melakukan Simulasi Gempa Bumi dan Tsunami sementara Daerah lain yang miliki potensi atau ancaman bencana Banjir dan atau Banjir Bandang akan melaksanakan Simulasi terkait bencana tersebut.

Selanjutnya akan dilaksanakan kegiatan Pemantapan Pelaku, Geladi dan Simulasi Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2019 yang akan berlangsung di Kyriad Muraya Hotel Banda Aceh selama 4 (empat) hari dimulai pada tanggal 23-26 April 2019 diikuti oleh 153 orang peserta yang terdiri dari para General Manajer Hotel, Divisi Keamanan dan Keselamatan Hotel dan para karyawan Hotel yang berada di Banda Aceh dan Aceh Besar.

Puncak dari seluruh rangkaian kegiatan ini adalah Simulasi Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi dan Tsunami pada tanggal 26 April 2019 pukul 10.00 WIB di Kyriad Muraya Hotel Banda Aceh sebagai pilot project Hotel Tangguh Bencana di Aceh.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads