Lestarikan Lingkungan, Pertamina Dan Rumah Zakat Tanam 10.000 Mangrove

Penanaman Mangrove di kawasan Krueng Raya Aceh Besar

Sebagai upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan, PT Pertamina (Persero) MOR I TBBM Krueng Raya bersama Rumah Zakat Aceh melakukan penanaman 10.000 Pohon Mangrove.

Kegiatan yang dikemas dalam Program Pendampingan Konservasi Hutan Mangrove itu berlangsung di Desa Beurandeh Kecamatan Masjid Raya, Aceh Besar, Senin (03/12/2018).

Operation Head Pertamina, Suarno menyebutkan, penenanaman mangrove tersebut sebagai upaya menjaga kelestarian lingkungan dan menjadi salah satu wujud kepedulian Pertamina terhadap Lingkungan, khususnya pesisir pantai Krueng Raya Aceh Besar.

Apalagi kata Suarno, selain untuk kelestarian lingkungan, mangrove juga memiliki banyak manfaat, misalnya menjaga pantai agar tidak terkikis, serta keberlangsungan makhluk hidup yang menempati pantai tersebut.

“Harapannya hutan Mangrove ini menjadi hutan Ekowisata dan Edukasi bagi anak cucu kita kelak, dan peran masyarakat sangatlah penting dalam menjaga lingkungannya untuk kepentingan jangka panjang, karena kita ketahui mengrove ini sanga banyak fungsinya, Apalagi pasca tsunami kawasan pesisir pantai Krueng Raya masih sangat gersang,” ujar Suarno.

Sementara itu Kepala Cabang Rumah Zakat Aceh menyebutkan, Rumah Zakat sebagai pelaksana dan pendampingan program CSR Pertamina terus berupaya menjalankan sesuai dengan yang diharapkan oleh Pertamina dan bermanfaat bagi masyarakat setempat.

Menurut Riadhi, Indonesia merupakan paru-paru dunia musti dijadikan sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup. Oleh sebab itu menurutnya, wujud kepedulian PT.Pertamina TBBM Krueng Raya untuk menjaga kelestarian lingkungan sangat tepat karena Aceh juga wilayah yang memiliki garis pantai yang cukup panjang.

“Insya Allah kami akan menjalankan pendampingan sesuai prosedur dan membuat innovasi yang bermanfaat bagi masyarakat. Dan kami mengajak masyarakat, mari menjaga lahan dan hutan yang telah kita tanam untuk keberlangsungan makhluk hidup karena pada hakikatnya kita hidup membutuhkan lingkungan yang asri dan bersih,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Riadhi juga menyampaikan Terima Kasih kepada PT. Pertamina TBBM Kreung Raya atas kepecayaanya terhadap Rumah Zakat dalam kegiatan tersebut sehingga diharapkan bermanfaat untuk masyarakat dan berlanjut ditahun berikutnya di daerah lain.

“Kami mengajak masyaraat untuk menjaga lingkungan dan pohon yang telah ditanam ini dan kita juga mengajak konsultan dari DLHK untuk ikut serta dalam merawat mangrove ini, dan nanti akan diteliti juga hewan apa saja yang hidup disini sebelum dan setelah adanya mangrove,” lanjutnya.

Sebelumnya PT Pertamina (persero) MOR I TBBM Krueng Raya bersama Rumah Zakat Aceh telah melaksanakan beberapa Program CSR 2018 untuk Pendidikan, Revitalisasi Posyandu, Budidaya Jamur Tiram.