Alumni Prodi Pendidikan Biologi UIN Lolos SKD CAT, Ini Rahasianya!

Samsul Kamal

Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2018 yang menggunakan sistem CAT benar-benar menjadi momok yang menakutkan bagi puluhan ribu pelamar khususnya di Aceh.

Ambang batas yang dinilai cukup tinggi menyebabkan ribuan peserta berguguran di tahap SKD karena tidak mampu mencapai nilai yang diminta BKN.

Namun demikian Prodi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry berhasil meloloskan alumninya pada tahap SKD. Salah satunya adalah Najmul Falah. Alumni lulusan 2012 tersebut tercatat berhasil lulus dengan nilai yang cukup meyakinkan yaitu nilai TWK 95, TIU 100, dan TKP 149.

Najmul Falah juga membagikan tips untuk peserta seleksi CPNS agar dapat lulus SKD. Tips tersebut dikirim ke berbagai grup whatapps salah satunya grup IKATBIORY.

Berikut tips yang diberikan untuk menghadapi CAT

Buang air kecil/besar sebelum belum berangkat ke lokasi tes.
Berdo’a sebelum mulai ujian.
15 menit pertama menjawab soal TWK hanya 16 soal yang diyakini benar, jgn berlama-lama di soal yang tidak diketahui jawabannya.
Setelah 15 menit, langsung menuju soal TIU mulai nomor 36 dan menjawab 18 soal yang diyakini benar selama 20 menit.
Setelah 20 menit, lanjutkan menjawab soal TKP mulai nomor 66 hingga 100 dengan jawaban yang terbaik.

Selanjutnya kata dia, waktu yang tersisa dimanfaatkan untuk menjawab soal TWK dan TIU yang belum terjawab.

“Jangan menjawab soal TKP pada bagian akhir, hal ini dikarenakan suasana ruang yang sudah mulai rebut dan sangat mengganggu konsentrasi terlebih suara instruksi panitia dari mikrofon,” ujarnya.

Sementara itu Samsul Kamal M. Pd, selaku Ketua Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry, mengatakan keberhasilan tersebut merupakan wujud dari penyesuaian kurikulum di program studi yang dipimpinnya dimana era 4.0 sangat menuntut mahasiswa untuk siap menghadapi kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Lebih lanjut Samsul Kamal menjelaskan, selama ini mahasiswa selain dibekali dengan ilmu biologi dan pembelajaran, mahasiswa juga dibekali dengan ilmu umum, agama dan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Sehingga lulusan Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry mampu bersaing dengan lulusan perguruan tinggi lainnya.