Mayoritas Lowongan CPNS 2018 untuk Sarjana

Ilustrasi

Pemerintah telah mengumumkan pembukaan calon peserta negeri sipil (CPNS) 2018. Kementerian PAN-RB menyebut mayoritas yang dicari merupakan sarjana.

Menurut Deputi Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian PAN-RB Setiawan Wangsaatmaja mengatakan tahun ini pemerintah memprioritaskan pelamar dengan jenjang pendidikan minimal S-1 atau D-IV.

Sedangkan, kata pria yang akrab disapa Iwan ini menjelaskan pelamar dengan jenjang pendidikan D-III dan SMK hanya tersedia terbatas.

“Tahun 2018 diutamakan yang teknis, S1 atau D-IV dan mempunyai keahlian khusus. Untuk yang D-III dan SMK terbatas,” jelas dia kepada detikFinance, Jumat (7/9/2018).

Baca juga: Guru Hingga Perawat Honorer Dapat Formasi Khusus di CPNS 2018

Lebih lanjut, ia memaparkan saat ini komposisi PNS masih didominasi dengan jenjang pendidikan SMA. Maka dari itu, di tahun ini pemerintah fokus mencari pelamar dengan jenjang minimal sarjana.

“Komposisi ASN saat ini masih didominasi oleh tenaga administratif dengan pendidikan SMA ke bawah. Oleh karena itu saat ini sedang diperbaiki komposisi ASN agar lebih banyak tenaga teknis yang mempunyai keahlian,” tutup dia.

Baca juga: Situs Pendaftaran CPNS Tak Bisa Diakses, Ini Kata KemenpanRB

Sekadar informasi, pemerintah akan membuka pendaftaran CPNS pada 19 September mendatang dengan lowongan sebanyak 238.015 baik dari instasi pusat maupun daerah. Detik