Kampung KB Mandiri Dicanangkan di Langsa

Walikota Langsa secara resmi mencanangkan Gampong Ceungai, Kecamatan Langsa Timur, Kota Langsa, sebagai Kampung KB (Keluarga Berencana) Mandiri Permata Bunda, Jum’at (31/8/2018).

Pencanangan itu dalam rangkaian peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-25 Tahun 2018 Tingkat Provinsi Aceh yang telah dimulai sejak 30 Agustus hingga 2 September.

Walikota Langsa yang diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Setda Kota Langsa, Abdullah Gade mengatakan, dengan dibentuk Kampung KB Mandiri di desa, program pembangunan lintas sektor dan program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), dapat menjangkau masyarakat khususnya di desa yang tertinggal.

“Ada harapan positif yang diharapkan, program KB dapat memberi kontribusi kepada masyarakat, ampuh menghadapi bonus demografi pada 2035, dan pembinaan masyarakat yang sejahtera dan mandiri bisa tercapai dengan baik. Untuk itu Walikota Langsa berharap SKPK dapat memprioritaskan program kerjanya di Kampung KB,” harapnya.

Ditempat yang sama Kepala Perwakilan BkkbN Aceh, Sahidal Kastri mengatakan, saat ini sudah ada 312 Kampung KB di Aceh dan Kota Langsa merupakan daerah pertama kali di Aceh yang meluncurkan Kampung KB Mandiri. Diharapkan Gampong Matang Ceungai sebagai baro meter dan pilot project keberhasilan pembangunan infrastruktur dan SDM yang terintegrasi, bagi desa-desa lain di Kota Langsa.

“Kami berharap pemerintah daerah terus mendorong terbentuknya Kampung KB Mandiri di daerahnya masing. Paling tidak ada kima Kamoung KB Mandiri di setiap kecamatan, sebagaimana yang telah dilakukan Pemko Langsa hari ini yang perlu dicontoh,” ujar Sahidal.

Sahidal menambahkan, guna mempercepat terlaksananya program KKBPK yang terintegritas dengan program pembangunan lainnya di Kampung KB. Sebut Sahidal ada beberapa program Pembangunan Keluarga yang dikembangan di Kambung KB secara subtansi yaitu, BKB (Bina Keluarga Balita), BKR (Bina Keluarga Remaja), BKL (Bina Keluarga Lansia), dan UPPKS (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera).

Sementara itu, Camat Langsa Timur Hendri Soenandar dalam laporannya mengatakan, dengan diluncurkan Gampong Matang Ceungai sebagai Kampung KB Mandiri Permata Bunda diharapkan masyarakat di desa tersebut dpaat mandiri dan sejahtera.

“Semoga minat dan kesadaran masyarakat kami dalam mengikuti program KB semakin meningkat. Untuk diketahui bahwa saat ini di desa kami jumlah penduduk sebanyak 660 jiwa, jumlah PUS (Pasangan Usia Subur) yaitu 111 pasangan, yang memakai alat kontrasespsi 62 orang,” ujarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads