Dinsos Aceh Sudah Meminta Dinsos Kalbar untuk Pulangkan 11 Warga Aceh yang Terlantar di Etikong

Dinsos Aceh Sudah Meminta Dinsos Kalbar untuk Pulangkan 11 Warga Aceh yang Terlantar di Etikong/Ist

Dinas Sosial Provinsi Aceh sejak tiga hari lalu intens berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kalimantan Barat (Kalbar) terkait nasib 11 warga Aceh yang diduga menjadi korban penipuan agen TKI ilegal di perbatasan wilayah Malaysia-Indonesia, tepatnya di kawasan Entikong, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Sosial Aceh, Drs Alhudri MM, melalui Kepala Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKBS) Dinas Sosial Aceh, Rohaya Hanum.

Menurut informasi yang diperoleh Rohaya Hanum, saat ini ke 11 warga Aceh tersebut sedang menuju ke Kota Pontianak, dan Rohaya sudah menghubungi Kepala Bidang Bencana Sosial Dinas Sosial Kalbar, Darsono, agar memulangkan segera warga Aceh, dan Dinas Sosial Kalbar, sudah mengatakan siap untuk memulangkan 11 warga Aceh tersebut.

“Mereka (Dinas Sosial Kalbar) mengatakan agar ke 11 warga Aceh tersebut langsung ke Dinas Sosial Kalbar di Jalan Kuta Baru, Nomor 33 Pontianak. Mereka mau cek kesehatan sebelum dipulangkan,” kata Rohaya Hanum, Selasa (28/8/2018).

Rohaya menjelaskan, tugas memulangkan warga negara Indonesia yang terlantar adalah kewajiban setiap dinas sosial dimana warga tersebut terlantar. Sebab, kata Rohaya, tidak ada aturan yang mengatur agar dinas sosial asal warga terlantar harus melakukan penjemputan.

“Seperti yang Dinas Sosial Aceh lakukan selama ini dalam memulangkan warga daerah lain yang terlantar di Aceh. Minggu lalu kita baru saja memulangkan warga Padang yang terlantar di Aceh, saat ini juga ada warga Kalimantan yang sedang dalam perawatan kita di Panti Jompo sebelum kita pulangkan ke daerah asalnya.”

Rohaya mengatakan, Dinas Sosial Aceh tidak pernah luput untuk peduli terhadap nasib warga Aceh, apalagi yang terlantar, namun untuk diketahui katanya, sejak pertama informasi itu beredar, dirinya langsung berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kalbar meminta agar warga Aceh tersebut segera dipulangkan.

Kepada Anggota DPD RI asal Aceh, Sudirman atau Haji Uma yang dengan kerelaan hati sudah mau membantu tiket pemulangan 11 warga Aceh tersebut, Dinas Sosial Aceh mengucapkan banyak terimakasih.

“Kita mengucapkan terimakasih ke Pak Haji Uma atas bantuannya. Kemungkinan 11 warga Aceh tersebut besok siang sudah pulang lewat Medan karena mereka kebanyakan berasal dari Langsa,” kata Rohaya Hanum.