Emak-Emak Desa Ateuk Jawo, Banda Aceh Ikut Lomba Kukur Kelapa

Lomba kukur kelapa/Ist

Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun ke 73 Republik Indonesia, sejumlah emak-emak dari Desa Ateuk Jawo, Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh, Jumat (17/8/2018) mengikuti lomba kukur kelapa di desa setempat.

Sekretaris Desa, Munawar didamping Ketua Panitia yang juga Ketua Pemuda, Sabirin menyampaikan kegiatan itu hanya diikuti oleh kaum ibu-ibu dari desa itu.

Setiap peserta membawa sendiri alat kukur tradisional. Lalu panitia menilai siapa yang paling cepat dan paling banyak mengukur kelapa akan menjadi pemenang.

“Kegiatan ini sudah rutin dilaksana setiap tahun, setiap memperingati HUT RI,” kata Munawar.

Dia menjelaskan, alasan pihaknya mengadakan lomba kukur kelapa untuk melestarikan kearifan lokal. Karena kukur tradisional saat ini sudah langka ditemukan.

“Karenanya kita menggalakkan kembali. Agar alat kukur tradisional ini tetap dilestarikan meskipun sudah ramai yang menggunakan alat kukur dari mesin,” ujarnya.

Selain lomba kukur kelapa, juga digelar kegiatan lain, seperti lari goni, bawa kelereng, makan kerupuk, pancing botol, bola kaki, panjat pisang, dan panjat pinang.