Di Gayo Lues, BNN ganti Tanaman ganj dengan Tanaman Kopi

Badan Narkotika Nasional (BNN) bersama sejumlah kementerian dan Pemerintah Aceh melakukan penanaman kopi untuk mendukung program Grand Design Alternative Development di Kampung Agusen, Blangkjeren Gayo Lues, Senin (26/02).

Penanaman tanaman alternatif itu untuk memutus mata rantai tanaman ganja yang selama ini kerap ditanami masyarakat di kawasan pegunungan di Gayo Lues.

Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, menyebutkan langkah BNN memberikan pilihan usaha produktif melalui pelatihan dan pemberdayaan bagi masyarakat itu, merupakan sebuah upaya yang patut diapresiasi.

Langkah itu merupakan upaya memotong mata rantai peredaran narkoba di Aceh. Apalagi diketahui di beberapa lokasi seperti di Agusen Gayo Lues, narkoba jenis ganja banyak ditanami.

“Dengan mendekatkan mereka pada usaha produktif, kita dapat membantu mereka keluar dari bisnis ini (peredaran ganja),” ujar Wagub Nova.

Pemerintah Aceh, ujar Nova, siap mendukung program tersebut sehingga secara perlahan bisnis ilegal narkoba di Aceh dapat diberantas.

Wagub juga mengajak masyarakat Gayo Lues untuk ikut mendukung program pemberdayaan tersebut. Apalagi tanaman pengganti yaitu kopi yang ditanam di Agusen cocok dengan iklim setempat.

“Keadaan iklim, pemasaran dan kualitas benih kopi di wilayah ini sangat mendukung,” kata Nova.

Pemerintah Aceh, ujar Wagub Nova, berkomitmen penuh memerangi narkoba. Bisnis narkoba sebagai bisnis yang menggiurkan harus dihilangkan. Penanaman kopi dan tanaman produktif lain harus dijadikan sebagai solusi pemberdayaan masyarakat ke arah yang lebih baik sehingga mereka tidak lagi terjerumus baik sebagai pengguna maupun pengedar narkoba.

“Kita harus sosialisasikan bahwa narkoba adalah hantu yang sangat mematikan,” kata Nova. “Perang melawan narkoba harus kita lakukan bersama.” Tutup Nova.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads