Pasar Kampung Baru Sudah Tidak Layak Huni?, Ini Kata Walikota

Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman bersama Kadis Koperasi, UKM dan Perdagangan Kota, Rizal Junaedi, rabu (10/1/2018) meninjau sejumlah pasar di Banda Aceh.

Pasar Lampulo yang dibangun pada tahun 2017 lalu menjadi pasar pertama tujuan Walikota. Pasar yang akan diperuntukkan bagi pedagang ikan dan sayur ini telah dibangun hingga tahap kedua.

Tahun 2018 ini akan dilanjutkan dengan pembangunan tahap ke tiga, yakni pasar daging. Kata Aminullah, pasar tersebut nantinya akan di lengkapi dengan sejumlah fasilitas pendukung hingga menjadi sebuah pasar yang benar-benar lengkap.

“Kita memang belum memiliki sebuah pasar yang benar-benar lengkap dan sempurna yang ada pasar ikan, daging, sayur dan fasilitas lainnya dalam satu komplek. Nah, pasar Lampulo ini akan kita lengkapi lengkap, Bahkan Masjid juga kita bangun di komplek ini nantinya,” ungkap Aminullah.
Setelah semuanya benar-benar lengkap, lanjut Aminullah, baru akan difungsikan untuk operasionalnya.

Informasi dari Informasi dari Rizal Junaedi, Pasar Terpadu di Lampulo ini nantinya akan diperuntukkan bagi pedagang yang saat ini menempati pasar Peunayong.

“Pasar Peunayong sudah terlihat kumuh, secara estetika sudah tidak memenuhi syarat lagi. InsyaAllah tahun ini para pedagang akan kita minta tempati pasar Lampulo,” ujar Rizal Junaedi.

Kemudian rombongan menuju Pasar Tradisional Batoh (Depan Kampus Serambi Mekkah). Pasar yang baru selesai dibangun ini nantinya akan ditempati oleh para pedagang ikan dan sayur serta rempah-rempah yang selama ini berjualan di pinggir jalan sekitar Bathoh.
Sejauh ini sudah banyak pedagang yang mendaftar ingin menyewa kios dan los yang tersedia di pasar tersebut.

“Kita ingin di Batoh ini tidak lagi ada yang berjualan di jalan. Jadi warga yang mau beli kebutuhan ikan dan kebutuhan pokok bisa didapatkan di pasar ini. Ini juga akan mengurangi kemacetan,” ujar Aminullah.

Terkait dengan pasar Kampung Baru yang sudah tidak layak huni, Aminullah memastikan akan membangun tahun ini. Bangunan pasar lama tersebut akan dirobohkan dan akan dibangun baru dengan tampilan yang lebbih terbuka. Pasar tersebut akan diperuntukkan bagi pedagang kampung Baru, sehingga tidak memanfaatkan badan jalan untuk berjualan.
Sementara, jalan yang ada akan difungsikan seseuai setting awal yang dapat dilalui kenderaan roda empat.

Sementara pasar Newton (Depan Terminal Bathoh) akan dialihfungsikan. Pasar ini akan diarahkan sebagai pasar UKM, kerajinan tangan hingga pusat penjualan souvenir.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads