Pemanfaatan TPA Blangbintang Terkendala BBM

Dinas Kebersihan dan Pertamanan kota Banda Aceh berharap agar bisa segera memanfaatkan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) regional di Blangbintang kabupaten Aceh besar, pasalnya TPA Kampong Jawa kecamatan Kutaraja kota Banda Aceh diperkirakan akan penuh dalam empat tahun kedepan.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan kota Banda Aceh Jalaludin mengatakan bulan sebelumnya pihak DKP kota Banda Aceh sudah sempat menggunakan TPA Blangbintang selama dua hari, akan tetapi pihaknya terkendala pada bbm kendaraan pengangkut sampah, mengingat TPA Blangbintang berada dilokasi yang jauh dari kota Banda Aceh.

“Kalau kondisi TPA kita sekarang paling bertahan empat tahun lagi sudah penuh, makanya kita dorong terus agar TPA Balngbintang bisa segera difungsikan, TPA regional itu pengelolanya di provinsi,” ujarnya.

Pihak DKP Banda Aceh berharap mulai tahun ini pemerintah Aceh mengalokasikan dana untuk bbm kendaraan pengangkut sampah ke TPA Blangbintang dalam APBA 2015, mengingat TPA tersebut merupakan TPA regional yang digunakan secara bersama-sama antara Pemerintah kota Banda Aceh dengan pemerintah kabupaten Aceh Besar.

Menurut Jalaludin TPA regional Blangbintang dikelola oleh UPTD di provinsi, sedangkan pemerintah kota Banda Aceh dan Aceh Besar akan membayar iuran rutin. Selain itu menurut Jalaludin infrastruktur jalan kelokasi TPA Blangbintang juga sudah cukup bagus.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads