BKKBN Aceh Canangkan 28 Kampung KB di Pidie dan Aceh Jaya

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Aceh secara serentak mencanangkan Kampung Keluarga Berencana (KB) di Kabupaten Pidie dan Aceh Jaya, Rabu (26/9/2018).

Dengan demikian 2018 ini telah dicanangkan Kampung KB di Gayo Lues, Aceh Tenggara, Aceh Besar, Pidie, Aceh Jaya, Aceh Singkil dan Langsa.

Kabid Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Keluarga (KS-PK) Perwakilan BKKBN Aceh, Nurzikra menjelaskan, tujuan pencanangan Kampun KB adalah untuk meningkatkan partisipasi keluarga, masyarakat, peran pemerintah, lembaga non pemerintah serta swasta dalam melaksanakan program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga atau KKBPK sesuai dengan kebutuhan dan kondisi wilayah.

“Jadi jangan diartikan program Kampung KB itu di dalam pelaksanaannya terkait alat kontrasepsi dan jumlah anak semata, tapi ini adalah bagaimana pelaksanaan miniatur program KKBPK yang terintegrasi dengan program pembangunan lintas sektor lainnya agar masyarakat sejahtera,” kata Nurzikra.

Sasaran Program Kampung KB kata Nurzikra adalah keluarga, pasangan usia subur (PUS), balita, remaja, dan Lansia (lanjut usia). Sementara pelaksanaan program KKBPK yang dilakukan BKKBN yaitu pembentukan dan pembinaan Kelompok Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Lansia (BKL), dan peningkatan ekonomi keluarga melalui Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS).

“Dengan dicanangkan Kampung KB, Gampong/Desa menjadi teladan dalam pelaksanaan program KKBPK yang terintergrasi dengan program pembangunan lainnya. Program Kampubg KB menjadi salah satu inovasi strategis untuk dapat mengimplementasi kegiatan-kegiatan prioritas program KKBPk secara utuh di lini lapangan,” katanya lagi.

Sementara Bupati Aceh Jaya, T Irfan TB yang diwakili Asisten 1 Administrasi dan Kesra, Ichwan mengatakan, pencanangan ini merupakan suatu momentum strategis dalam upaya mewujudkan masyarakat yang lebih baik, baik dari segi kesejahteraannya mauoun kualitas. Pada kesempatan itu Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya secara serentak mencanangkan 6 Kampung KB serentak di 6 kecamatan di Aceh Jaya .

“Diharapkan melalui pencanangan ini dapat diwujudkan keluarga yang cerdas, berkualitas, dan berkarakter, sehingga melahirkan generasi yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT,” kata Ichwan.

Secara terpisah, Kasubbid Hubalila, Zulkifli mengatakan, sebanyak 22 Kampung KB di 22 desa sangat tertinggal juga dicanangkan di kabupaten Pidie, pada Kamis (27/09) dan Aceh Jaya sebanyak enam Kampung KB di enam desa sangat tertinggal.

Pada 2018 total pecanangan Kampung KB di desa sangat tertinggal sebanyak 271 Kampung KB. Sudah dicanangkan sebanyak 88 Kampung KB di Aceh Tenggara, Gayo Lues, Aceh Besar, Pidie, dan Aceh Jaya. Sedangkan yang belum Simeuelue, Subulussalam, Aceh Selatan, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Aceh Barat, Pidie Jaya, Bireuen, Aceh Utara, Aceh Timur, Aceh Tamiang, Aceh Tengah, dan Bener Meriah.

“Rencananya pada 11 Oktober akan datang akan dicanangkan di desa sangat tertinggal di Bener Meriah,” demikian pungkas Zulikifli.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads