70 Persen Aceh Siap Jadi Tuan Rumah PON

Konferensi Pers Calon Tuan Rumah PON

Tim penilai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 menyebutkan, Aceh secara fisik telah siap untuk menjadi tuan rumah PON ke XXI tahun 2024.

Hal demikian dikatakan Ketua Tim dari KONI Pusat Surya Darma pada konferensi pers di pendopo gubernur Aceh, Minggu (04032018). Turut hadir Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dan wakil Ketua KONI Aceh Kamaruddin Abubakar.

Surya Darma mengatakan Aceh dan Sumut sebagai calon tuan rumah bersama PON ke XXI telah memenuhi syarat kesiapan fisik hingga 70 persen, dari 30 persen yang disyaratkan. Menurutnya kewajiban Aceh dan Sumut menyediakan 56 veneu, yang terdiri dari 28 Veneu di Aceh dan 28 Veneu di Sumatera Utara. Meskipun ada sekitar 30 persen masih dalam bentuk lahan.

“Dengan indikator-indikator ini maka tim ini menyatakan bahwa Aceh sudah siap secara fisik 70 persen, sudah melampaui target yang disyaratkan,” ujarnya.

Namun kata Surya Darma, hal itu belum final. Gubernur Aceh menurutnya juga harus melakukan langkah-langkah politik melobi pemerintah pusat. Koni sendiri kata Surya Darma akan memutuskan layak tidaknya Aceh sebagai tuan rumah PON ke XXI pada Musyawarah koni pusat April memdatang.

“Gubernur untuk bisa segera melakukan langkah-langkah strategis, membentuk tim melobi politik kepada pemerintah pusat sehigga Aceh dijadikan tuan rumah karena tim ini melakukan penjaringan dan penyaringan dari segi segi fisik dan teknis, belum masuk pada keputusan, karena kewenangan itu ada pada pemeritah,” ujarnya.

Surya Darma menyebutkan, meskipun secara fisik Aceh sudah siap, akan tetapi Aceh akan bersaing dengan provinsi lain untuk menjadi tuan rumah PON 2024, masing-masing Bali tuan rumah bersama NTB serta Kalimantan Selatan.

Sementara itu Gubernur Aceh Irwandi Yusuf mengakui sudah menyurati KONI dan gubernur 33 provinsi lainnya untuk meminta dukungan agar Aceh menjadi tuan rumah PON ke XXI. Dan saat ini Aceh sudah mendapatkan dukungan dari 27 KONI di 27 provinsi.

Irwandi mengaku sejumlah kabupaten kota akan dilibatkan sebagai lokasi PON, seperti berkuda di Aceh Tengah/Bener Meriah, menyelam di Sabang, Sepak bola d Banda Aceh.
Irwandi juga mengaku akan melobi sendiri pemerintah pusat tanpa harus membentuk Tim lobi seperti yang disarankan oleh tim penilai dari KONI. “Itu urusan saya, nggak boleh banyak-banyak ke Presiden,” ujar Irwandi.