Kerjasama dengan IKAT, Dayah Entreperneur Bireuen adakan Pelatihan Bahasa Arab

Pelatihan

Dayah Entreperneur Darussalam Bireuen bekerjasama dengan Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) Aceh melaksanakan kegiatan Pelatihan Bahasa Arab yang di pusatkan di Dayah tersebut, beunyot, Bireuen, Senin (19/2).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Sekretaris Disdikpora Bireuen, M. Nasir dan diikuti oleh santri Dayah tersebut dengan tujuan agar para santri mampu menguasai bahasa Arab, baik untuk pemahaman teks maupun komunikasi aktif.

Pimpinan Dayah Entreperneur, Tgk. Nasruddin Ahmad, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya Bahasa Arab, sebagai Bahasa Al-Quran, oleh karena itu pihaknya bekerjasama dengan IKAT Aceh melaksanakan kegiatan pelatihan ini.

“Idealnya seorang muslim selain mampu membaca Al-Qur’an, juga mampu memahaminya dan jalan itu adalah dengan bisa Bahasa Arab,” ujar Tgk. Ahmad.

Selain itu, ia juga mengapresiasi kiprah IKAT Aceh dibawah Nahkoda Tgk. Muhammad Fadhil Rahmi, Lc yang peduli terhadap pembangunan pendidikan, khususnya bidang keagamaan dan bahasa, dan kedepan pihaknya juga akan bekerjasama lagi dalam bentuk kegiatan lebih yang luas dengan IKAT Aceh.

” Ini pelatihan gelombang pertama, akan ada gelombang-gelombang selanjutnya, selama IKAT mau mensupport, kami siap dan mengapresiasi IKAT,” lanjut Tgk. Ahmad.

Sementara ketua Ikat Aceh, Tgk. Muhammad Fadhil Rahmi, Lc, menyambut baik langkah dayah Entreperneur Darussalam dalam mengggas kegiatan pelatihan bahasa Arab untuk santri sebagai jalan melatih mereka untuk bisa berbahasa Arab.

“kuncinya ada pada peserta, Kalau semangat dan fokus, insyaAllah pelatihan akan berhasil dan bermanfaat,” ujar Fadhil.

Kegiatan Pelatihan ini dilaksanakan selama 10 hari, dibawah koordinasi dan tanggung jawab Direktur lembaga bahasa dan Terjemah IKAT, Hasanudin, M. Ed. Dengan pengajar kausar, MA dan Malik Ardhiansyah, MA. Alumni dari Timur Tengah.

Hadir pada pembukaan kegiatan pelatihan Bahasa Arab tersebut, Disdikpora Bireuen, Ketua IKAT Lhokseumawe, Dedi Sukma, Lc, ketua kafalah ikat, M. IQBAL. Dan Asatidz Dayah Entreperneur Darussalam Bireuen