Baitul Mal Aceh Salurkan Bantuan Peralatan Kerja

Sebanyak 155 masyarakat dari keluarga kurang mampu mendapatkan Bantuan Peralatan Kerja dari Baitul Mal Aceh. Penyaluran untuk sejumlah warga ini merupakan sisa mustahik tahun lalu yang belum habis tersalurkan.

Jenis barang yang diberikan Baitul Mal Aceh sesuai dengan permintaan dan keahlian masing-masing. Ada tiga sektor yang dibantu Baitul Mal yaitu industri rumah tanggga, perdangangan dan pertukangan.

Plt Kepala Baitul Mal Aceh, Dr Armiadi Musa MA mengatakan bantuan ini diberikan untuk pemberdayaan fakir miskin yang memiliki keahlian tapi tidak memiliki dana untuk membeli alat kerja.

“Mereka tidak selamanya kita berikan bantuan konsumtif, tapi perlu diberikan bantuan yang produktif agar manfaatnya dirasakan terus-menerus,” katanya, Kamis (08/09/2016).

Ia menjelaskan, para penerima tersebut sebelum diberikan bantuan sudah disurvei duluan oleh amil Baitul Mal Aceh. Jika mereka memenuhi syarat dan layak dibantu, maka akan dibantu. Namun ada juga yang tidak lulus verifikasi karena tidak sesuai dengan syarat yang ditentukan.

“Jika ada mustahik yang tidak mendapatkan dimohonkan bersabar, karena dananya terbatas, sehingga yang dibantu juga masih terbatas, namun jika pembayar zakat semakin banyak, maka bantuan ini juga dapat ditambahkan jumlahnya,”tandas Armiadi.