Kunjungan Wisman ke Aceh Meningkat 100 Persen

Kunjungan wisman ke Aceh menurun/foto antara

Jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang masuk melalui pintu kedatangan di Provinsi Aceh pada bulan Juli 2016 sebanyak 2.363 orang atau mengalami peningkatan sebesar 100,42 persen dibandingkan dengan bulan Juni 2016.

Secara kumulatif pencapaian jumlah wisman Januari — Juli 2016 meningkat sebesar 46,00 persen terhadap periode yang sama tahun 2015.

“Peningkatan jumlah tamu asing yang datang ke Aceh ini juga tidak terlepas dari beragam even yang terus dilakukan oleh Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata,” kata Kabid Statistik BPS Aceh, Darmawan di Banda Aceh, Kamis.

Ia menjelaskan kenaikan jumlah tamu asing yang datang untuk menikmati libuaran di provinsi berpenduduk lima juta jiwa itu mencapai 100 persen dibanding dengan tamu yang datang pada bulan sebelumnya.

Ia mengatakan kebayakan tamu asing yang datang ke provinsi berpenduduk sekitar lima juta jiwa itu berasal dari negeri jiran, Malaysia selanjutnya disusul Tiongkok dan Asutralia serta negara lainnya.

“Tamu asal Malaysia masih mendominasi jumlah kedatangan pelancong asal luar negeri yang datang ke Aceh dengan jumlah sebanyak 1.638 orang,” katanya.

Ia menambahkan secara kumulatif jumlah tamu yang datang untuk melancong ke provinsi ujung paling barat Indonesia itu dari Januari sampai juli 2016 sebanyak 22.208 orang atau 46 persen di dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya.