Dishubkominfo Launching Aplikasi Sistem Informasi Pencatatan Retribusi Online

Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Banda Aceh kembali melakukan terobosan dengan meluncurkan sekaligus melaunching aplikasi Siperi (Sistem Informasi Pencatatan Retribusi), Kamis (21/7/2016).

Aplikasi tersebut merupakan proyek perubahan dari Kepala Keuangan Dishubkominfo saat seminar proposalnya dalam rangka peserta diklat pim IV 2016.

Kepala Bidang Pengembangan Sistem Informasi Dishubkominfo, Taufik mengatakan Siperi ini sebagai inovasi proyek perubahan yang bisa digunakan di Dishubkominfo.

Menurutnya, pengelola retribusi nantinya cukup dimasukkan data kedalam Siperi dan secara otomatis tersimpan disistem.

Sementara itu, Sekretaris Dishubkominfo, Iskandar melaunching secara resmi aplikasi sistem informasi pencataan retribusi (Siperi) dihadapan puluhan pegawai Dishubkominfo di Aula Madani Center.

“Selama ini sedikit kewalahan memantau retribusi Uptd yang ada di Dishubkominfo, semoga dengan adanya siperi ini, kedepan diharapkan untuk pelaporan penerimaan retribusi dari setiap UPTD dapat dilakukan dengan online serta bisa diakses dengan mudah,” jelas Iskandar.

Mahdani, selaku penggagas aplikasi Siperi yang juga dibantu bidang Pengembangan Sistem Informasi (PSI) menjelaskan, Siperi merupakan sebuah aplikasi yang dipergunakan sebagai alat bantu dalam penyampaian yang berkaitan dengan penerimaaan retribusi secara elektronik untuk meningkatkan efektifitas pencatatan penerimaan retribusi yang berlandaskan pada asas efesiensi, efektif, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Aplikasi tersebut dapat diakses di http://siperi.bandaacehkota.info/ dan juga tersedia versi android,” ungkap Mahdani.