Plt Sekda Sambut Menlu Sugiono di Bandara: Selamat Datang di Kampung Halaman

Plt Sekda Aceh, Drs. Muhammad Diwarsyah M.Si, didampingi Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Aceh, Akkar Arafat, S.STP, M.Si, menyambut kehadiran Menteri Luar Negeri Indonesia, Sugiono, di Bandara Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar, Selasa 22/10/2024.

Diwarsyah menyampaikan ucapan selamat datang di kampung halaman kepada Menlu Sugiono.

Sugiono adalah salah seorang putra Aceh yang dipercaya Presiden Prabowo Subianto untuk mengisi posisi menteri di Kabinet Merah Putih. Selain Sugiono, ada juga Teuku Riefky Harsya yang mengisi pos Menteri Ekonomi Kreatif (Ekraf). Satu lagi adalah Nezar Patria, yang dipercaya menjadi Wakil Menteri Kementerian Komunikasi dan Digital (Wamenkomdigi).

“Terima kasih sekali. Tadinya hanya rencana transit saja, malah disambut di sini. Jadinya kunjungan pertama menteri luar negeri Indonesia ya ke kampung sendiri di Aceh,” ujar Sugiono.

Menteri Luar Negeri RI Sugiono dijadwalkan terbang ke Rusia. Di sana, ia mewakili Indonesia menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi BRICS, di Kazan, Rusia, yang berlangsung pada 22-24 Oktober.

Sugiono merupakan putra asli Aceh yang dipercaya sebagai menteri pada Kabinet Merah Putih. Ia lahir di Takengon, Aceh Tengah, pada 11 Februari 1979. Ia menempuh pendidikan SD di kota kelahirannya, Takengon, sebelum menghabiskan masa SMP di Banda Aceh. Pada tahun 1994-1997, Sugiono menempuh pendidikan di SMA Taruna Nusantara, Magelang, Jawa Tengah.

Sugiono sempat menempuh pendidikan di Norwich Military Academy, Amerika Serikat. Program beasiswa itu ditujukan bagi lulusan SMA Taruna Nusantara untuk menimba ilmu ke perguruan tinggi militer di AS.

Sugiono kemudian mengikuti pendidikan calon perwira TNI dan lulus pada tahun 2002 dengan pangkat Letnan Dua korps Infanteri. Sugiono juga pernah menjabat sebagai sekretaris pribadi Prabowo.

Di Senayan, Sugiono menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi I DPR yang membidangi isu-isu pertahanan dan luar negeri sekaligus Ketua Fraksi Gerindra di MPR. 

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads