Gubernur : Kebutuhan Sapi Megang Aman

Gubernur Aceh Zaini Abdullah menyatakan ketersedian 9 bahan pokok dan pangan strategis dipastikan aman menjelang meugang dan puasa Ramadhan 1435 Hijriyah.

Hal itu disampaikan gubernur Aceh Zaini Abdullah disela-sela meninjau pasar Peunayong Banda Aceh, Rabu (25/06/2014).

Zaini menyebutkan untuk kebutuhan beras ketersediannya cukup hingga 6 bulan kedepan, selanjutnya minyak goreng, gula pasir dan tepung terigu dipastikan cukup ketersediaanya sampai dengan lebaran. Begitu juga dengan telur dipastikan cukup ketersediaannya baik dari produsen lokal Aceh maupun pasokan dari Medan-Sumatera Utara.

“Jadi masyarakat tidak perlu khawatir karena semuanya cukup hingga menjelang Ramadhan”lanjutnya.

Selain itu Zaini juga menjelaskan untuk kebutuhan meugang dan puasa ketersediaan Sapi tercatat 11.070 ekor, kemudian Kerbau 6.012 ekor, kambing 12.693 ekor dan unggas 603.823 ekor.

Sementara itu saat meninjau pasar Peunayong banda Aceh, Zaini sempat berdialog dengan para pedagang terkait harga kebutuhan pokok menjelang meugang dan puasa ramadhan.

Barang kebutuhan pokok yang dipantau antara lain, Beras, telur, Cabai merah, bawang merah dan minyak goreng. Menurut pedagang meskipun beberapa kebutuhan terjadi sedikit kenaikan namun tidak separah tahun sebelumnya.

Pemerintah Aceh diakui Zaini sudah berupaya melakukan operasi pasar untuk menjaga keseimbangan harga pasar sehingga tidak ada gejolak yang begitu tinggi.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads