Ini Tema Debat Mualem Vs Bustami

Komisi Independen Pemilihan Aceh terus mempersiapkan acara debat publik antar pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh pada Pilkada 2024 dengan berkoordinasi dengan berbagai pihak.

Debat Pertama akan dilaksanakan pada Tanggal 25 Oktober 2024 di Hotel Amel Convention Hall Blang Oi, Banda Aceh. KIP Aceh mempersiapkan desain debat, tata tertib, tema debat, peserta, jadwal dan tempat penyelenggaraan, Moderator, Panelis, Undangan Debat dan Penyiaran.

KIP Aceh juga telah mempersiapkan tim perumus debat untuk menjaring isu-isu strategis dalam membantu KIP Aceh dalam memopersiapkan Tema Debat Publik antar pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh pada Pilkada 2024. Salah satu tugas tim perumus adalah menjariing isu-isu strategis untuk dijadikan tema atau topik debat.

Dari hasil koordinasi KIP Aceh dengan pihak. LO pasangan calon, KIP Aceh telah mempersiapkan tema debat untuk ditetapkan dalam Rapat Koordinasi KIP Aceh dengan Partai Politik atau Gabungan Partai Politik dan Pasangan Calon. Adapun tema debat yang telah dipersiapkan adalah mencerminkan upaya menyelesaikan persoalan daerah dan memajukan daerah.

Tema Pertama
Upaya Menyelesaikan Persoalan Aceh dengan topik mewujudkan tata kelola pemerintahan Aceh yang transparan, akuntabel dan berdaya saing global. Ruang lingkupnya adalah:

  1. Penerapan Syariat Islam
  2. Keistimewaan dan kekhususdan Aceh
  3. Koneksitas Pelayanan publik.


Tema Kedua
Upaya Memajukan Aceh dengan topik meningkatkan pembangunan, pendidikan dan pemberdayaan Masyarakat Aceh. Ruang lingkupnya adalah

  1. Pembangunan Berkelanjutan,
  2. Pendidikan, Sain dan Teknologi, dan
  3. Kesetaraan Gender, Perlindungan Hak Perempuan, Anak, Penyandang Disabilitas, Kelompok Minoritas dan Marginal.


Penyusunan Tema dan Sub tema atau topik serta ruang lingkup yang akan diperdebatkan tidak lari dari hasil kolaborasi antara Rencana Pembangunan Jangka Panjang  Aceh (RPJPA) dengan visi, misi dan program dari kedua pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh Pilkada 2024. Dalam mempersiapkan tema ini KIP Aceh beberapa kali berkoordinasi dengan LO masing-masing pasangan calon.

Penetapan Tema Debat untuk Debat Publik pertama berhasil ditetapkan dengan berkoordinasi dengan partai politik dan pihak pasangan calon pada tanggal 21 Oktober 2024 diaula KIP Aceh. Pada intinya Debat Publik ini hanya untuk memperdalam dan mempertajam visi, misi dan program pasangan calon.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads