Cara Aman Parkir Sepeda Motor

Tentunya kita semua tidak ingin sepeda motor kesayangan kita terjatuh, tersenggol bahkan raib saat diparkirkan di tempat umum.

Nah, untuk mengantisipasi hal ini terjadi, sudah menjadi suatu kewajiban kita sebagai pemilik kenderaan berusaha semaksimal mungkin mengkondisikan segalanya terlebih dahulu, agar bisa lebih tenang saat terpaksa harus meninggalkan sepeda motor di parkiran.

Pemilihan parkir pada area yang sudah ditentukan, menjadi salah satu opsi demi mengurangi rasa khawatir kita sebagai pemilik.

“Hal ini tentunya ditandai dengan adanya bentuk pengelolaan fasilitas serta pungutan retribusi biaya dari pihak setempat”, Ucap Iskandar selaku Safety Riding Instruktur dari Capella Honda.

Berikut tips aman yang bisa kita terapkan saat hendak memarkir sepeda motor di tempat umum :

  1. Pilih permukaan jalan keras yang rata serta posisi jarak aman dari lalu lintas, maupun kontaminasi aktifitas lingkungan sekitar yang berpotensi mengenai kenderaan kita.
  2. Memposisikan pada barisan area parkir yang mudah terlihat sangat disarankan demi meminimalisir resiko pencurian.
  3. Penggunaan standar 2 (tengah ) cocok untuk permukaan jalan rata, sedangkan penggunaan standar 1 ( samping ) lebih cocok untuk permukaan jalan yang kurang rata.
  4. Saat memarkir, pastikan setang sepeda motor terkunci dengan baik serta disarankan menggunakan kunci pengaman tambahan yang dapat mempersulit jika ada pengambilan paksa oleh oknum nakal tidak bertanggung jawab.
  5. Belokan setang kemudi ke arah kiri agar sepeda motor tidak bergerak saat parkir, terutama saat memarkir di kondisi permukaan jalan yang tidak rata
  6. Untuk sepeda motor jenis matic dapat mengaktifkan fitur “Parking Brake Lock” / Rem parkir yang biasanya ditandai dengan tuas kecil di sisi atas kiri handel rem.
  7. Untuk sepeda motor bertransmisi manual dengan bobot yang berat sebaiknya memposisikan masuk gigi rendah ( Gigi 1 ) saat hendak ditinggal parkir.
  8. Saat membeli sepeda motor, pilihlah yang sudah punya fitur keamanan, seperti : Parking brake lock, Secure shutter key/Keyless, Smart key, Answer back system, Side stand switch, Helmet holder, Bagasi dll

Semoga tips ringan ini dapat membantu kita dalam melakukan aktifitas berkendara sepeda motor sehari hari. #Cari_Aman saat naik motor.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads