BI Gelar Kegiatan Pekan Edukasi Cinta, Bangga, Paham Rupiah Sigom Nanggroe (PEUCARONG) Aceh

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh melakukan kegiatan Pekan Edukasi Cinta, Bangga, Paham Rupiah Sigom Nanggroe (PEUCARONG) Aceh.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan road to Festival Rupiah Berdaulat Indonesia (FERBI) 2024 dalam rangka menumbuhkan semangat kebangsaan dan rasa cinta tanah air, serta sebagai rangkaian kegiatan edukasi Rupiah kepada masyarakat melalui Cinta, Bangga, Paham (CBP) Rupiah.

Kegiatan dilaksanakan di Gedung AAC Dayan Dawood Universitas Syiah Kuala dengan menghadirkan 1000 peserta yang merupakan siswa dan guru mulai dari Tingkat SD s.d. SMA.

Pada kegiatan tersebut juga hadir Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia, Pj. Sekda Provinsi Aceh, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Lhokseumawe, Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh, Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Kepala Dinas Pendidikan Aceh dan SKPA lainnya yang terkait.

Kegiatan diawali dengan kick off Implementasi Modul Ajar CBP Rupiah jenjang Pendidikan sekolah/madrasah di Provinsi Aceh, Penyerahan rekor MURI Implementasi Modul Ajar CBP Rupiah Petama pada jenjang Pendidikan Madrasah, dan Pengumuman CBP Rupiah Championship.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia, Marlison Hakim mengatakan bahwa rangkaian kegiatan Implementasi Modul Ajar CBP Rupiah jenjang Pendidikan sekolah/madrasah di Provinsi Aceh dimulai pada tahapan penyusunan modul yang telah dilakukan sejak Desember 2023 hingga pada tanggal 6 Maret 2024 Kementerian Agama dan Dinas Pendidikan melakukan pengesahan modul ajar CBP Rupiah pada jenjang pendidikan SD/MI hingga ke jenjang pendidikan SMA/SMK/MA.

Selain itu, sebagai tindaklanjut dari modul ajar serta membangun capacity building kepada guru edukator CBP Rupiah, KPw BI Provinsi Aceh telah melaksanakan ToT kepada 43 guru mata pelajaran Ekonomi dan Pendidikan Pancasila di 13 kabupaten/kota di wilayah kerja Provinsi Aceh.

Terakhir, pada hari Jum’at, 19 Juli 2024 juga telah dilaksanakan sosialisasi dan pembahasan modul ajar kepada guru madrasah di Provinsi Aceh dengan dihadiri sebanyak 520 orang guru yang dilaksanakan melalui zoom meeting.

Pada kegiatan tersebut juga dilakukan showcasing sejarah perjalanan Rupiah yang menampilkan berbagai seri uang Rupiah yang pernah beredar di Indonesia yaitu seri tokoh nasional, seri budaya, seri hewan, seri bunga dan burung, dan seri pekerja tangan.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads