Rumah Amal Masjid Jamik USK Potong 21 Ekor Hewan Qurban

0
10

Rumah Amal Masjid Jamik Universitas Syiah Kuala kembali melaksanakan kegiatan Green Qurban di Universitas Syiah Kuala (USK), Selasa (18/06/2024).

Turut hadir Rektor USK Prof. Dr Ir. Marwan, Direktur Rumah Amal Masjid Jamik USK Tedy Kurniawan Bakri, M.Farm., Apt, Ketua Panitia Green Qurban 1445 H drh. Triva Murtina Lubis, M.P., Pengurus Rumah Amal Masjid Jamik USK, para dosen USK, mahasiswa serta masyarakat di lingkungan Universitas Syiah Kuala.

drh. Triva Murtina Lubis, M.P. dosen Fakultas Kedokteran Hewan USK selaku ketua panitia Green Qurban 1445 H menjelaskan bahwa, penerima manfaat daging qurban ini berasal dari internal USK dan warga dari 14 desa yang ada di sekitar lingkungan USK. Pemotongan hewan Qurban di USK terdiri dari 11 ekor sapi dan 10 ekor kambing.

“Total hewan qurban pada tahun ini berjumlah 21 ekor yang terdiri dari 11 ekor sapi dan 10 ekor kambing. Hewan Qurban tersebut kita kumpulkan dari 57 Shohibul Qurban dan 4 Mitra Rumah Amal, dengan total paket daging hewan qurban 708 paket yang telah didistribusikan ke para penerima manfaat,” ujar drh. Triva.

Kegiatan Green Qurban ini merupakan inisiatif inovatif yang diambil oleh Rumah Amal Masjid Jamik USK untuk mendukung pelaksanaan qurban dengan cara yang lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat.

Manager Rumah Amal Masjid Jamik USK saudara A.A. Win Ariga Bungsu, S.KH., M.Si mengatakan green Qurban ini merupakan usaha kita untuk menjaga lingkungan sehingga meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan dengan meminimalisir penggunaan plastik dalam setiap aspek kehidupan, selain itu Green Qurban kali ini juga mengangkat tema kesehatan daging hewan yang ASUH (Aman Sehat Utuh dan Halal) dengan melibatkan JULEHA (juru sembelih halal) sebagai penjagal hewan qurban.

Direktur Rumah Amal USK, Tedy Kurniawan Bakri, M. Farm., Apt. Menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang sudah terlibat dalam menyukseskan pelaksanaan Green Qurban baik dari pihak civitas akademik kampus USK serta masyarakat yang terlibat.

“Terima kasih kami ucapkan khususnya kepada para shahibul qurban yang telah menitipkan amanahnya melalui Rumah Amal USK dan juga kepada para mitra kerjasama yaitu dari Rumah Amal Salman ITB, Bank Syariah Indonesia, Bank BTN Syariah, Human Initiative dan banyak lagi yang telah banyak mendukung kegiatan ini hingga terlaksana dengan baik.”tutupnya.