Rumah Amal Masjid Jamik USK Salurkan Beasiswa Kepada 347 Mahasiswa

Sebanyak 347 orang mahasiswa kurang mampu jenjang D3, S1 dan profesi yang berasal dari berbagai fakultas di Universitas Syiah Kuala (USK), menerima bantuan SPP semester genap tahun ajaran 2022/2023 dan Bantuan Tugas Akhir dari Rumah Amal Masjid Jamik.

Penyerahan ini dilakukan secara simbolis oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan USK, Prof. Dr. Mustanir M. Sc di Ruang Adnan Ganto Perpustakaan USK, Kamis (2/3/2023)

Direktur Rumah Amal Masjid Jamik USK, Tedy Kurniawan Bakri, M. Farm, Apt menjelaskan, bantuan yang disalurkan tersebut ada dua kategori, yaitu “Beasiswa Bantuan SPP” dengan total Rp 511.150.500,- untuk 273 mahasiswa. Kemudian, “Bantuan Tugas Akhir” kepada 74 mahasiswa dengan total Rp 54.050.000,-

“Kita telah melakukan tahapan seleksi yang ketat mulai pendaftaran, seleksi administrasi dan kelayakan mustahik, wawancara, dan pengumuman akhir. Sehingga diputuskan ada 347 mahasiswa yang berasal dari berbagai fakultas di USK lulus,” kata Tedy.

“Program ini bisa berjalan dengan baik karena adanya dukungan dari berbagai pihak, terutama muzakki, donatur, dan pimpinan USK. Kami juga berharap adik-adik penerima manfaat terus menyelipkan doa terbaik kepada muzakki, donatur, dan pimpinan USK,” papar Tedy menambahkan.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan USK, Prof. Dr. Mustanir M. Sc menyampaikan dukungannya terhadap program-program di Rumah Amal Masjid Jamik USK yang telah banyak memberikan manfaat bagi mahasiswa untuk mendukung aktivitas akademik.

“Terus semangat menyelesaikan studi, bersyukur adik-adik hari ini diberikan bantuan oleh Rumah Amal, kalian terpilih dari penyaringan yang sangat selektif dilakukan. Mohon dijaga amanah dan tanggungjawab ini secara baik dengan menyelesaikan pendidikan tepat waktu,” ucap Mustanir.

Ia meminta mahasiswa penerima manfaat betul-betul menggunakan dana secara tepat dan memperbanyak syukur, sebab di luar sana, masih banyak mahasiswa lain yang membutuhkan, tapi anggaran masih terbatas. “Karena itu, manfaatkan sebaik mungkin. Selesaikan studi tepat waktu,” pesan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan.

Ucapan terima kasih juga diberikan kepada para reviewer program Beasiswa Bantuan SPP dan Beasiswa Tugas Akhir yang merupakan para dosen dari berbagai fakultas di lingkup USK. Keterlibatan para dosen dalam berbagai program Rumah Amal juga dimaksudkan untuk memberikan gambaran dan informasi yang detil kepada para dosen terkait kesulitan dan kendala yang dialami oleh para mahasiswa selama menempuh studi di kampus serta diharapkan dapat meningkatkan hubungan emosional antara dosen dan mahasiswa perwaliannya.

Program Beasiswa Bantuan SPP ini merupakan program yang rutin dilaksanakan oleh Rumah Amal pada setiap semester kepada mahasiswa yang minimal menduduki semester 2, sedangkan program Beasiswa Tugas Akhir khusus diperuntukkan bagi mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi/tugas akhir. Rumah Amal Masjid Jamik terus berupaya agar semakin banyak penerima yang mendapatkan manfaat dari program ini seiring dengan bertambahkan dana yang dialokasikan di tiap semesternya. Di samping itu, Rumah Amal senantiasa mengajak para penerima manfaat untuk tidak lupa mendo’akan para muzakki/donatur yang merupakan para dosen dan tenaga kependidikan di lingkup USK.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads