UIN Ar-Raniry Gelar Workshop Penyusuan IAPT Untuk Raih Akreditasi Unggul

0
40

Dalam rangka meraih akreditasi unggul, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh menggelar Workshop Penyusunan Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi (IAPT) 3.0 Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). kegiatan tersebut berlangsung 9-10 Nevember 2022 di Gedung Rektorat kampus setempat.

Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Dr Mujiburrahman, MAg mengatakan, workshop penyusunan IAPT diharapkan dapat membantu tersusunnya borang akreditasi institusi perguruan tinggi UIN Ar-Raniry demi menyonsong upaya mencapai akreditasi unggul di tahun mendatang.

Untuk itu kata Rektor, tim telah mengundang dua pembicara utama pada workshop tersebut, yaitu Prof H Johni Najwan, PhD dan Dr Slamet Wahyudi, ST, MT dari manajemen Dewan Eksekutif BAN-PT. kehadiran dua narasumber tersebut untuk memberikan pengayaan pengetahuan khususnya dalam rangka penyusunan borang akreditasi UIN Ar-Raniry.

“Tim penyusunan borang akreditasi UIN Ar-Raniry terdiri dari unsur pimpinan dan panitia lainnya. Dengan workshop ini diharapkan tim akan mendapatkan pengalaman dan pengayaan pengetahuan dalam penyusunan instrument akreditasi perguruan tinggi UIN Ar-Raniry, sehingga ketika mengisi seluruh instrument ini tim telah mendapatkan pengetahuan yang cukup dari para pakarnya,” ujar Mujiburrahman, Kamis (10/11/2022).

Prof Mujib meyakini, bahwa setelah workshop ini, tidak ada lagi keraguan dalam tim UIN Ar-Raniry untuk mengisi borang akreditasi, pimpinan UIN Ar-Raniry menyampaikan apresisi dan terima kasih kepada para narasumber yang telah hadir dalam kegiatan ini.

“Dengan berbagai kesibukan yang sangat padat, telah meluangkan waktu dan kesempatan untuk memberikan pencerahan dan pengayaan materi kepada tim di kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh, untuk itu kami menyampaikan terima kasih atas kesempatan dan kesediaan narasumber,” kata Mujib.

Lebih lanjut, Rektor Mujiburrahman juga menegaskan bahwa, kegiatan ini wajib dikuti oleh seluruh pimpinan dan tim, maka dipastikan di saat dilaksanakan kegiatan ini, tidak dibenarkan ada kegiatan lain serta dipastikan juga hadir secara sempurna pada kegiatan workshop peyusunan IAPT.

“karena kita telah mentargetkan UIN Ar-Raniry terkareditasi unggul, maka ditegaskan agar semua unsur dapat serius dan fokus pada workshop ini hingga sempurnya pengisian borang akreditasi,” tegas Rektor.

Ketua Panitia, Dr Abdul Jalil Salam, MAg menjelaskan bahwa workshop penyusunan IAPT UIN Ar-Raniry ini diikuti oleh 96 peserta yang terdiri dari unsur pimpinan, para asesor internal dan tim peyusun borang akreditasi.

Jalil Salam mengatakan, workshop tersebut bermaksud untuk meberikan pemahaman kepada semua tim, sehingga dapat meningkatkan kualitas borang yang teraktual sesuai dengan kriteria dan matriks indikator akreditasi, serta dapat tersedia borang akreditasi yang layak submit.

“Workshop ini bertujuan untuk peningkatkan peringkat AIPT UIN Ar-Raniry menjadi unggul dan dengan adanya workhop maka tim akan lebih memahami penjabaran tugasnya masing-masing,” kata Pak Jalil yang juga Ketua Lembaga Penjamian Mutu UIN Ar-Raniry.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.