UIN Ar-Raniry, HUDA dan PKPM Aceh Jalin Kerja Sama

Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA) dan Pusat Kajian Pendidikan dan Masyarakat (PKPM) Aceh menjalin kerja sama.

Naskah kerja sama tersebut ditandatangani Rektor UIN Ar-Raniry Prof Mujiburrahman, Ketua HUDA H Muhammad Yusuf A Wahab dan Direktur PKPM Dr Muslim Zainuddin, berlangsung di ruang kerja rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Kamis (22/9/2022).

Usai prosesi penandatangan MoU, Rektor Mujiburrahman mengatakan, penandatangan kerja sama ketiga lembaga ini dalam rangka pengembangan dan peningkatan mutu pendidikan di Aceh, dengan berbagai program yang nantinya dilakukan bersama.

Rektor menyebutkan, ruang lingkup kerja sama tersebut antara lain pengembangan bidang perlindungan dan pengasuhan anak yang berkarakter, yakni pengasuhan disiplin positif. Hal ini sangat penting agar dapat melahirkan generasi bermartabat dan berakhlakul karimah untuk masa depan bangsa ini.

Selanjutnya kata Mujib, para pihak ini juga akan melakukan pengembangan tata kelola dan sumber daya yang dimiliki, peningkatan kapasitas dan pengembangan SDM yang berkualitas dan berkelanjutan. Selain itu, juga akan menjalankan program secara bersama dalam bidang peningkatan kemampuan menulis, penelitian karya ilmiah dan literasi bagi kalangan dayah.

“Banyak hal dapat dilakukan bersama dengan penandatangan naskah kerja sama tersebut, salah satu hal yang penting dan harus disegerakan adalah pada bidang pengasuhan anak yang berkarakter, pembinaan serta pendidikan akhlak bagi generasi muda yang merupakan pemimpin masa depan bangsa,” ujarnya.

Mujiburrahman mengungkapkan, dengan semangat yang dicetuskan dalam memimpin UIN Ar-Raniry Banda Aceh, yaitu Energi Kebangsaan, Sinergi Membangun Negeri, menjadi landasan utama untuk mendidik generasi muda penerus masa depan bangsa yang memiliki karakter keislaman dan berakhlak mulia.

Rektor yakin, bahwa pendidikan akan lebih baik di masa mendatang, jika dididik oleh para guru dan dosen dengan mengedepankan etika, akhlak, pola asuh yang baik, serta melakukan pendekantan-pendekatan kearifan lokal.

Sebelumnya, Rektor Mujiburrahman, Ketua HUDA Muhammad Yusuf A Wahab yang akrab disapa Tu Sop dan Direktur PKPM Muslim Zainuddin serta para undangan yang hadir juga melakukan diskusi santai dalam rangka membahas serta menyamakan persepsi untuk pembangunan dan pengembangan pendidikan di Aceh.

Berita Terkait

Berita Terkini