Kerjasama Pendidikan, Kemenag Aceh dan USK Teken MoU Kesepakatan Bersama

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh dan Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) bidang pendidikan, kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing mutu dan kualitas pendidikan di Aceh.

Secara bersamaan, Kanwil Kemenag Aceh juga menandatangani kerjasama dengan PT Pegadaian Syariah Persero Aceh, kemudian MoU antara Kemenag kabupaten/kota se-Aceh dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) USK. di Auditorium lantai 3 FKIP USK, Rabu, 14 September 2022.

Kesepakatan ini ditandatangani oleh Kakanwil Kemenag Aceh, Dr H Iqbal SAg dan Rektor USK, Prof Dr Ir Marwan MSc, dilanjutkan penandatangan kerjasama antara Kakankemenag dari 23 kab/kota dengan Dekan FKIP Universitas Syiah Kuala.

Kakanwil Dr Iqbal mengatakan bahwa lahirnya kesepakatan ini sebagai wujud momen penting dan strategis yang sangat diharapkan demi tercapainya peningkatan kualitas pendidikan yang lebih baik.

“Kita semua bersyukur, penandatanganan MoU hari ini dapat dilaksanakan secara serentak disini, sebagai salah satu universitas yang dibanggakan di Aceh. Sesungguhnya semua ini adalah qudrah dan iradah Allah, dan tentunya atas kebaikan bapak Rektor Universitas Syiah Kuala dan Jajajrannya,” kata Iqbal.

Iqbal menyebutkan, bahwa meyakini kesepakatan bersama dengan Universitas Syiah kuala, Terkhusus Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) bermakna mulia dan strategis dan sangat visioner dalam rangka meningkatkan hubungan antara kedua instansi vertical. “Apalagi terkait hubungan perhatian dan kerjasama khusus terhadap persoalan perkembangan Pendidikan, guru dan kependidikan di Provinsi Aceh baik madrasah hingga perguruan tinggi.” Katanya.

Kami berharap melalui kerjasama ini juga dapat menjembatani pengembangan capaian pembelajaran satuan pendidikan di bawah kemenag Provinsi Aceh dan FKIP Universitas Syiah Kuala.

“Kedepannya, kualitas pengajaran yang diberikan oleh perguruan tinggi maupun pendidikan Madrasah Aliyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Ibtidaiyah melalui berbagai inovasi dan teknologi dalam mendukung implementasi kebijakan pendidikan sehingga menghasilkan output FKIP Universitas Syiah Kuala maupun output madrasah-madrasah di bawah Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Aceh berdaya saing tinggi, berwawasan global dan berkiprah di tingkat internasional.” Harapnya.

Ia menyebutkan, sesuai dengan arus pengembangan IT, di Aceh juga telah diluncurkan berbagai inovasi dan madrasah digital dalam rangka menjawab kebutuhan zaman.

Iqbal juga berterimakasih dan menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Rektor, dan Dekan FKIP Universitas Syiah Kuala serta jajarannya yang telah berkenan menyambut baik Kerjasama tersebut serta menyiapkan segala sesuatu sehingga dapat terwujud nota kesepakatan.

Rektor Universitas Syiah Kuala menyambut baik program kerjasama yang diisiasi FKIP USK bersama Kemenag.

“Kerjasama seperti ini perlu dilakukan secara berkesinambungan, ditingkatkan dan dikembangkan, terimakasih kami ucapkan atas partisipasi dari pihak Dekanan FKIP dan Kanwil Kemenag Aceh yang bersinergi positif membangun pendidikan,” kata Marwan.

Harapannya, kerjasama ini dapat terimplementasi secara konkrit dan dapat dirasakan manfaatnya di lingkungan pendidikan.“Kita ingin pendidikan di Aceh semakin maju, dan upaya ini adalah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut,” katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini