PPKM Banda Aceh Turun Level Satu, DPRK Ingatkan Warga Tetap Patuhi Prokes

Status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Kota Banda Aceh telah turun menjadi level 1 per Senin, 8 November 2021, sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 58.

Meski demikian, Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh, Isnaini Husda, tetap mengingatkan masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah.

Hal tersebut disampaikan Isnaini Husda saat melakukan rapat evaluasi dan pembahasan perpanjangan Inmendagri Nomor 58 Tahun 2021 di Lantai III Gedung Mawardy Nurdin, Rabu, (10/11/2021).

“Pertama kita patut bersyukur bahwa Banda Aceh berada di level 1 saat ini, tentu ini rahmat Allah, dan berkat kerja sama kita bersama selama ini, artinya tingkat kesadaran masyarakat Kota Banda Aceh lebih tinggi ketimbang kota lain,” kata Isnaini Husda.

Namun demikian tambah Isnaini, meskipun Banda Aceh sudah berada di level I tapi kita semua jangan sampai lengah, dan abai dalam menjaga Protokol Kesehatan.

“Kami juga meminta pemerintah agar tetap memperketat prokes dan melakukan sosialisasi, agar jangan sampai karena terlalu eforia dengan level I ini sehingga warga merasa bebas dan abai terhadap prokes,” ujar politisi demokrat itu.

Sementara itu Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman menyebutkan, kota Banda Aceh menjadi satu-satunya kabupaten/kota di Aceh yang kini menerapkan PPKM Level 1. Partisipasi aktif masyarakat dalam menekan laju penyebaran virus Corona disebut menjadi kunci sukses Banda Aceh.

“Alhamdulillah Banda Aceh sudah turun ke level satu PPKM, dan ini baru satu-satunya di Aceh. Alhamdulillah juga semua daerah di Aceh kini masuk dalam zona kuning atau risiko rendah penyebaran Covid-19. Dengan kondisi ini, keran aktivitas masyarakat di segala lini dapat berangsur-angsur kita buka kembali,” ujar Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman.

Menurut Aminullah, Pemko Banda Aceh dan stakeholder terkait sukses meraih simpati masyarakat dalam penanganan Covid-19.

“Berkat kerja keras semua pihak, mulai dari tenaga kesehatan hingga TNI/Polri, kita mampu membawa Banda Aceh ke level I PPKM. Ini harus kita jaga bersama hingga menuju zona hijau nantinya.” ujarnya.

Secara khusus, wali kota mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang sudah menyukseskan program vaksinasi yang dicanangkan pemerintah.

” Secara umum vaksinasi Banda Aceh telah mencapai 80 persen lebih, tertinggi di Aceh. Cakupan vaksinasi bagi lansia juga terus kita galakkan,” ujarnya.

Selanjutnya kata wali kota, protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19 juga terus digalakkan di tengah-tengah masyarakat.

“Prokes 5M terutama memakai masker dan mencuci tangan pakai sabun sudah menjadi budaya yang melekat bagi warga kota. Ini patut terus kita budayakan, termasuk prokes lainnya seperti menjaga jarak dan mengurangi mobilitas.” pungkasnya. Iqbal

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads