1882 Lulusan UIN Ar-Raniry Wisuda Secara Daring dan Luring

Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh mewisuda sebanyak 1882 orang lulusan pada Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021 yang dilakukan secara daring dan luring bertempat di Aula Gedung Kampus Abulyatama, Lampoh Keude, Aceh Besar.

Prosesi wisuda tersebut berlangsung selama 2 hari, pada tanggal 27-28 Oktober 2021 turut dirangkai dengan orasi ilmiah dalam rangka Milad UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang ke 58 dengan menghadirkan Irdam IM Brigjen TNI Niko Fahrizal MTr (Han) dan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Prof Dr H Muhammad Ali Ramdhani STP MT.

Upacara wisuda secara daring disiarkan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dan live streaming di kanal Youtube Kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Sementara untuk prosesi wisuda secara luring dilakukan dengan mengikuti ketentuan dan standar protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah dengan tidak mengikutsertakan pendamping atau keluarga.

Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof Dr Warul Walidin AK MA mengatakan bahwa pelaksanaan wisuda kali ini berbeda dengan wisuda sebelumnya karena kondisi pandemi covid-19 yang belum berakhir.
Namun kata Warul, walaupun berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, prosesi wisuda berjalan dengan lancar dan penuh khidmat meski para orang tua masing-masing wisudawan tidak bisa mendampingi bagi yang memilih sistem luring (offline).

“Perjuangan dan gelar sarjana yang di peroleh hari ini tidak terlepas dari doa dan dukungan orang tua, sudah sepantasnya kita harus selalu berbakti kepada kedua orang tua yang selama ini telah bersusah payah mendidik dan membiayai studi agar kita bisa menyelesaikan dan menuntaskan pendidikannya dengan baik,“kata Warul dihadapan para wisudawan, Rabu (27/10/2021).

Selain itu, Prof Warul Walidin juga berharap para wisudawan bisa menjaga nama baik almamater dan tidak pernah berhenti menyusun langkah dan strategi masa depan. Menurutnya, setelah ini para wisudawan harus memiliki semangat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Sebentar lagi Anda akan meninggalkan dunia kampus yang selama ini Anda jalani, selanjutnya Anda akan menuju ke dunia nyata yaitu dunia pekerjaan yang penuh tantangan. Anda akan memasuki dalam kehidupan bermasyarakat yang sangat hiterogen dan dinamis, eksistensi Anda sangat dibutuhkan sesuai dengan potensi Anda miliki. Di situlah Anda akan diuji oleh zaman, kreatifitas, kegigihan, keuletan, dan kejujuran Anda sangat dibutuhkan,”kata Warul.

Lebih lanjut, Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Warul Walidin berpesan kepada para lulusan agar menjadi sarjana plus yang memiliki fikiran cerdas, fleksibel, kooperatif, dan mampu bekerja secara profesional sehingga memiliki kecakapan untuk mengisi pos-pos industri ataupun menciptakan lapangan kerja sendiri melalui Teknik critical thinking dan creative problem solving.

“Anda disiapkan untuk mampu melihat permasalahan secara kritis dari berbagai perspektif sehingga dapat menghasilkan solusi yang kreatif. Selain harus baik di aspek akademik dan mumpuni di aspek non akademik, Anda juga telah melakukan magang di industri yang tentunya akan menambah pengetahuan dan mengasah keterampilan yang akan dibutuhkan dalam dunia kerja,”kata Warul.

Sebelumnya, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry, Dr H Gunawan MA PhD dalam laporannya menyebutkan pada rapat senat terbuka wisuda doktor, magister, sarjana Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021 berhasil meluluskan 1882 lulusan yang terdiri dari 48 orang program doktor, 132 orang Magister dan 1711 orang program sarjana.

Untuk program sarjana strata satu (S1) jumlah wisudawan dari masing-masing fakultas terdiri dari 288 orang lulusan Fakultas Syari’ah dan Hukum, 603 orang lulusan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, 94 orang lulusan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, 145 orang lulusan Fakultas Dakwah dan Komunikasi,117 orang lulusan Fakultas Adab dan Humaniora, 254 orang lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, 99 orang Fakultas Sains dan Teknologi, 51 orang Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan, dan sebanyak 60 orang lulusan Fakultas Psikologi.

Selain itu, menurut Gunawan dengan bertambahnya 48 orang program doktor, 132 orang Magister dan 1711 orang lulusan program sarjana strata satu (S1) maka jumlah alumni UIN Ar-Raniry sampai saat ini berjumlah 46892 orang.

“Untuk lulusan yang lulus dengan predikat Cumlaude sebanyak 357 orang, 435 orang dengan predikat Pujian, 968 dengan predikat sangat baik dan sebanyak 131 orang lulus dengan predikat baik”,katanya.

Pada kesempatan tersebut, Rektor UIN Ar-Raniry juga memberikan penghargaan (bungong jaroe) kepada 49 lulusan terbaik dari perwakilan masing-masing Program Studi.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads