Tiga Daerah Berbagi Medali Emas Catur Pra PORA

Tiga daerah, Aceh Tengah, Sabang, dan Aceh Tamiang berbagi medali emas Pra Pekan Olahraga Rakyat Aceh (PORA) III yang berlangsung di Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya, 15-20 Oktober 2021.

Ketua Panitia Kejuaraan Catur Pra PORA III Qamaruzzaman Hagny di Banda Aceh, Kamis (21/10), mengatakan Aceh Tengah meraih medali emas beregu putra, sedangkan Sabang dan Aceh Tamiang meraih medali emas perorangan putra dan putri.

“Sedangkan medali perak diraih tim Banda Aceh dan Aceh Selatan meraih medali perunggu,” kata Qamaruzzaman Hagny yang juga Ketua Harian Pengurus Provinsi Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Aceh.

Mantan Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Banda Aceh itu menyebutkan para juara atau peraih medali dan peringkat empat hingga tujuh dinyatakan lolos PORA 2022 di Kabupaten Pidie,”

Adapun peringkat empat hingga tujuh kategori beregu yang lolos ke PORA tersebut yakni Kabupaten Aceh Besar, Kabupaten Aceh Tenggara, Kabupaten Bireuen, dan Kabupaten Aceh Timur.

Untuk perorangan putra, medali emas diraih Chairil Nardi dari Kota Sabang, medali perak diraih Hunter Chalid dari Kota Banda Aceh dan Hendriko Aditama dari Kabupaten Simeulue meraih medali perunggu.

Sedangkan peringkat empat hingga tujuh dinyatakan lolos ke PORA yakni Muliadi dari Kabupaten Aceh Tenggara, AH Satria Ediansyah dari Kabupaten Aceh Jaya, Maulana Sembiring dari Kabupaten Bener Meriah, serta Sofyan Nurdin dari Kabupaten Aceh Tengah.

Untuk perorangan putri, medali emas diraih Intan Nurhidayah dari Kabupaten Aceh Tamiang, medali perak diraih Klarisa Sabila dari Kota Banda Aceh, dan medali perunggu diraih Wita Rahayu dari Kabupaten Aceh Besar.

“Sedang peringkat empat hingga tujuh yang dinyatakan lolos PORA 2022, yakni Agus Winarsih dari Kota Langsa, Afifah Risna Fitri dari Kabupaten Aceh Tengah, Lulu Hapsari dari Kota Sabang, dan Ghina Fildzah dari Kota Banda Aceh,” kata Qamaruzzaman Hagny.

Ketua Umum Pengurus Provinsi Percasi Aceh H Ihsanuddin mengatakan Pra PORA III cabang olahraga catur diikuti atlet dari 21 kabupaten/kota di Aceh untuk perorangan dan 20 kabupaten/kota untuk beregu. Nomor yang dipertandingkan hanya catur standar untuk kategori beregu putra serta perorangan putra dan putri

“Peringkat tujuh besar, baik beregu maupun perorangan putra putri dinyatakan lolos ke PORA 2022 di Kabupaten Pidie. Atlet tuan rumah otomatis lolos ke multievent olahraga empat tahunan tersebut,” kata Ihsanuddin.

Anggota DPR Aceh dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu menyebutkan cabang olahraga catur PORA 2022 memperebutkan 21 medali emas, terdiri 15 medali emas beregu putra, tiga perorangan putra, tiga perorangan putri.

“Semua atlet yang mengikuti Pra PORA di Kabupaten Aceh Barat Daya merupakan warga Aceh karena syarat pendaftaran wajib memiliki KTP Aceh,” kata Ihsanuddin.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads