ICONIC II UIN Ar-Raniry Akan Digelar Oktober 2021 Mendatang, Ini Jadwal Pentingnya

Pascasarjana Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh kembali akan melaksanakan International Conference on Islamic Civilization (ICONIC) ke-2. Kegiatan tersebut akan berlangsung di Grand Nanggroe Hotel Banda Aceh, 19-21 Oktober 2021 mendatang.

Wakil Direktur Pascasarjana UIN Ar-Raniry, Dr. Mustafa AR, MA, Rabu (15/9/2021) mengatakan, konferensi internasional atau ICONIC ini merupakan kali kedua dilaksanakan oleh Pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

“Ini merupakan ICONIC kedua yang akan dilaksanakan oleh pascasarjana UIN Ar-Raniry, merupakan sebuah platform bagi akademisi baik para dosen dan mahasiswa, khususnya yang berada pada tahap penelitian untuk duduk bersama, berdialog, berdiskusi melalui presentasi yang sifat internasional,” ujarnya.

Dikatakan, untuk menyuseskan kegiatan tersebut panitia telah mengundang beberapa pakar di berbagai perguruan tinggi sesuai dengan tema yang diangkat pada Conference kali ini, di antaranya dari Belanda, Singapure, Inggris, Maroko, India, Myanmar serta dari Indonesia.

“Insyaallah outcome dari Conference ini disamping terjadinya dialog dalam kemajuan peradaban keislaman di era revolusi 4.0 ini serta berbagai aspek lainnya, juga akan terjadi sharing keilmuan dan penemuan-penemuan baru dari hasil penelitian,” kata Mustafa.

Wadir menambahkan, pada intinya platform tersebut merupakan sebuah wadah untuk meningkatkan minat publikasi yang merupakan bagian dari tri dharma perguruan tinggi, yaitu terkait dengan pendidikan dan pembelajaran, penilitian dan publikasi serta pengabdian kepada masyarakat.

Ia mengajak para akademisi diberbagai belahan dunia untuk memberikan dukungan dan partisipasi pada konferensi tersebut, dan karya ilmiah yang dipresentasikan nantinya akan dipublikasi pada jurnal terakreditasi baik sinta dua maupun terindek scopus.

Sementara Ketua Panitia ICONIC II, Dr. Abdul Mujahid Hamdan, M.Si menyatakan, topik pada Konferensi Internasional tersebut antara lain mengenai fiqih kontemporer, sufisme, teologi, dan filosofi islam, hukum, demokrasi dan hak asasi manusia, gender dan hukum keluarga, interpretasi Quran dan Hadist, bank dan istem keuangan islam, industri halal, integrasi sains dan teknologi dalam pengetahuan islam, studi mengenai Timur Tengah, pengetahuan sejarah islam dan studi lingkungan serta media dan komunikasi

“ICONIC II tahun 2021 dibuka seluas-luasnya bagi para akademisi atau peneliti, dapat mendaftar baik sebagai peserta maupun menjadi pemakalah pada konferensi internasional tersebut sesuai jadwal yang telah ditentukan panitia, informasi lebih lanjut dapat diakses pada https://bit.ly/ICONICII2021,” ujarnya.

Mujahid memaparkan, konferensi ini dibuka seluas-luasnya, dengan mengundang para pemakalah dan nantinya akan diseleksi panitia sesuai dengan tema yang diusung, untuk itu beberapa tanggal penting yang harus diketahui calon peserta, antara lain Early Bird Payment 28 Juli, Abstract Submission 18 Agustus, Notification of Acceptance 20 September, Regular/ Standard Payment 2 Oktober, Attendance Payment 15 Oktober, Conference Day 19-21 Oktober, dan Full Papers Submission 28 Oktober 2021.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads