Sekda Aceh Minta Vaksinasi Guru dan Siswa Disegerakan

Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Taqwallah, menyampaikan berita Kembali terkait perkembangan kasus covid-19 di provinsi Aceh.

Taqwallah mengatakan dalam beberapa hari terakhir kasus konfirmasi positif covid-19 di Aceh menunjukkan tren penurunan.

Hal itu disampaikan Taqwallah disela-sela kegiatan mengikuti dzikir dan do’a rutin yang digelar setiap pagi bersama ASN lingkup Pemerintah Aceh, di ruang Potensi Daerah Sekretariat Daerah Aceh, Kamis (09/09/2021).

Oleh karena itu, kata Sekda untuk mencegah terjadinya kenaikan Kembali kasus Covid-19 di Aceh maka seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN), guru dan para siswa di Aceh untuk dapat menyegerakan melakukan vaksinasi. Supaya herd imunity atau kekebalan kelompok segera tercapai.

“Yang belum vaksin segera vaksin, siswa juga harus segera vaksin, pihak guru bisa langsung tanyakan kepada Kepala Puskesmas setempat untuk segera jadwalkan vaksinasi,” pinta Sekda.

Ia menuturkan, semangat menekan angka penyebaran Covid-19 di Aceh harus semakin ditingkatkan, salah satunya dengan melaksanakan protokol kesehatan (prokes) serta menyegerakan melaksanakan vaksinasi.

Sebab, kata Sekda dengan vaksinasi akan membentuk kekebalan tubuh seseorang, serta akan mengurangi risiko parah dari virus Covid-19 itu.

Vaksinasi Massal

Sementara itu Pelaksanaan vaksinasi massal Covid-19 oleh Pemerintah Aceh masih terus berlanjut, dan hingga pelaksanaan hari ke-57, Tercatat sudah 69.730 orang di Aceh telah melakukan vaksinasi yang berlangsung di Banda Aceh Convention Hall (BACH).

Ketua Bidang Komunikasi Publik Satgas Covid-19 Aceh, Muhammad Iswanto  menyebutkan, vaksinasi pada hari ini sedikit menurun jumlahnya dibandingkan kemarin yang mencapai sebanyak 363 orang yang disuntik vaksin di Banda Aceh Convention Hall. Ia menyebutkan puluhan ribu masyarakat yang divaksin itu tidak lepas dari dukungan vaksinator, baik dari Pemerintah Aceh, TNI dan Polri, yang terlibat sejak awal pelaksanaan.

Karena itu, Iswanto tidak henti-hentinya menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh vaksinator, baik dari pemerintah Aceh, maupun dari TNI dan Polri.

Sementara itu, Koordinator vaksinasi massal Pemerintah Aceh yang juga Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Aceh, dr. Iman Murahman mengajak seluruh masyarakat untuk dapat segera melakukan vaksinasi dengan mengunjungi pusat-pusat vaksinasi yang telah diatur pemerintah. Vaksin, kata dia, adalah ikhtiar bersama agar masyarakat terhindar dari paparan virus.
Ia berharap, dengan mengikuti vaksinasi, mudah-mudahan herd imunity segera tercapai.

“Banda Aceh sudah mendekati herd Immunity, semoga hal ini juga bisa segera disusul oleh 22 Kabupaten dan Kota lainnya. Mari terus berikhtiar dengan mengajak serta kawan-kawan, kluarga yang belum vaksin untuk melakukan vaksin,” kata dr. Iman.

Ia melanjutkan jika para remaja usia sekolah pada tingkat SMP dan SMA sederajat yang juga sudah bisa ikut dalam program vaksinasi di BACH setiap hari Senin hingga Jumat. Iqbal