Kemenag Aceh Launching E-Profil Madrasah, Data Dapat Diakses Publik

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh melaunching Profil Madrasah Berbasis Elektronik yang disebut dengan E-Profil Madrasah.

E-Profil ini dilaunching oleh Kakanwil Kemenag Aceh, Dr H Iqbal SAg MAg disaksikan Kabag TU, Kabid dan Kepala Kemenag Kabupaten/kota se-Aceh di aula kantor setempat, Selasa 10 Agustus 2021.

Profil madrasah ini merupakan aplikasi data yang memudahkan bagi penyelenggara madrasah dalam menampilkan madrasah dan berbagai kebutuhan data yang dibutuhkan oleh publik di seluruh Aceh, melalui E-Profil Madrasah setiap madrasah dengan mudah dapat di akses secara online.

Pada kesempatan tersebut, Kakanwil Kemenag Aceh juga menyerahkan 69 Surat Keputusan (SK) madrasah inovasi beserta juknisnya yang diterima secara simbolis oleh Kemenag kabupaten/kota di antaranya, Aceh Utara, Pidie Jaya, dan Gayo Lues, dan penyerahan 48 unit router wifi untuk 48 madrasah swasta di daerah pedalaman Aceh. 

Kakanwil mengapresiasi berbagai langkah dan ikhtiar yang dilakukan Bidang Pendidikan Madrasah untuk memajukan madrasah dan mewujudkan “Madrasah Mandiri Berprestasi”

“Semoga ikhtiar bersama ini dapat menjadikan madrasah di Aceh lebih baik dan mandiri, tidak dapat kita nistakan di era digital ini, berbagai aktivitas membutuhkan pemanfaatan teknologi, kondisi ini sesuai dengan zaman dan masanya,” katanya.

Karena itu, kata Iqbal madrasah di Aceh baik Negeri maupun Swasta harus mampu menyeimbangkan tuntutan zaman dan menghadirkan akuntabilitas di madrasah.

“Kita juga bersyukur, Aceh mendapat SK nasional 69 madrasah inovasi mulai jenjang MI, MTs hingga MA, selanjutnya menjadi tugas kita bersama untuk mengembangkannya,” harapnya.

“Ini adalah kepercayaan dari pemerintah kita diberikan program secara khusus. Mungkin itu tidak mungkin bisa kita laksanakan jika kita tidak menyikapinya dengan baik apalagi tidak berinovasi, kita tingkatkan inovasi dan karya nyata,” ujarnya.

Iqbal berharap madrasah inovasi mampu menghadirkan pendidikan yang berkualitas dan melahirkan siswa yang memiliki daya saing serta mampu mengukir prestasi di level nasional maupun internasional.

Ia juga berharap penerapan E-RKAM di madrasah yang merupakan salah satu inovasi, Kementerian Agama menuju integrasi data dapat dikelola dengan baik.

“E-RKAM menjadi penting untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembiayaan pendidikan madrasah dalam rangka menjamin madrasah yang bermutu dan hadir untuk menjawab tantangan zaman Revolusi Industri,” katanya. 

Sementara Kabid Penmad, Drs H Mukhlis MPd mengatakan bahwa e-Profil madrasah untuk memudahkan layanan dan memberikan informasi yang konkret tentang madrasah kepada para penyelenggara dan masyarakat umum.

Dengan adanya aplikasi tersebut, Mukhlis meminta agar kepala madrasah berani memajang keunggulan atau tujuan yang ingin dicapai sehingga semua orang dapat melihat dan menjadi motivasi bagi kepala madrasah dan dewan guru melalui e-Profil.

“Ayo kita berubah dari yang tidak baik ke arah yang lebih baik. Di Kemenag ada peluang untuk melakukan inovasi, termasuk dalam bidang kurikulum,” ungkap Mukhlis.

Adanya E-Profil membantu pihak provinsi untuk memantau dan mengontrol berbagai kegiatan dan aktivitas di madrasah, khusus di wilayah pedalaman terbantu dengan adanya router wifi yang telah dibagikan, dan mutu madrasah benar-benar dapat diandalkan.