FTK UIN Ar-Raniry Gelar Konferensi Internasional ESTETIC 2021

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Ar-Raniry menyelenggarakan Konferensi Internasional dalam bingkai Education, Sciences & Technology International Conference (ESTETIC) 2021 dengan tema “Transformation of Science and Technology in Character Building toward Society 5.0”.

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, 27 – 28 Juli 2021 via zoom meeting dengan menghadirkan lima narasumber dari empat negara. Dalam sambutannya Rektor UIN Ar-Raniry yang diwakili oleh Wakil Rektor bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. H. Gunawan Adnan, MA., Ph.D menyampaikan bahwa Dalam menghadapi era super smart (society 5.0), dunia pendidikan berperan penting dalam meningkatkan kualitas SDM.

Oleh karena itu kata dia, satuan pendidikan membutuhkan adanya perubahan paradigma pendidikan, di antaranya pendidik meminimalkan peran sebagai learning material provider, pendidik harus dapat berperan sebagai fasilitator, tutor, penginspirasi dan pembelajar sejati yang memotivasi peserta didik untuk tumbuh kreatif.

Kemajuan sains dan teknologi dan pemanfatannya dalam dunia pendidikan juga harus sejalan dengan pembentukan karakter peserta didik menjadi pribadi paripurna (muttaqin). Karena kesusksesan dalam dunia kerja tidak semata ditentukan oleh kecerdasan intelektual tapi sangat ditentukan oleh kecerdasan emosional dan spiritual yang tentunya akan tercermin dari sikap dan karakter dalam aktivitas sehari-hari.

Lebih lanjut Gunawan mengapresiasi kepada FTK di bawah nahkoda Dr. Muslim Razali, SH, M.Ag yang telah melaksanakan event International Conference di tengah kondisi pandemi Covid yang sedang dialami masyarakat global dalam dua tahun terakhir ini.

Ketua Panitia ESTETIC, Muammar Yulian, mengatakan pada hari pertama kegiatan adalah sesi materi dari para narasumber yang dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama menghadirkan pemateri Prof. Mohammad Fauzan Noordin dari IIUM Malaysia; Prof. Ojat Darojat, M.Bus, Ph.D, Rektor Universitas Terbuka Indonesia dan Asst. Prof. Dr. Chokchai Yuenyong dari Khon Khen University Thailand, sesi ini dipandu oleh Dr. Phil. Saiful Akmal, MA dan berlangsung dengan sambutan yang sangat antusias dari seluruh peserta yang bertahan dalam ruang zoom hingga sesi pertama berakhir.

Adapun materi dari Guru Besar Filsafat Pendidikan UIN Ar-Raniry, Prof. Dr. Asna Husin, MA yang saat ini juga menjadi dosen tamu dan bermukim di Amerika Serikat menyampaikan materinya pada sesi kedua bersama dengan dosen dari Sultan Hassanal Bolkiah Institute of Education, Universiti Brunei Darussalam, Dr. Roslinawati Roslan, dengan dimoderatori oleh Risda Neva, MA.

Sementara itu, pada hari kedua adalah diskusi panel dengan presentasi dari setiap pemakalah yang telah mengirimkan artikel sebelumnya. Sesi panel ini juga dilakukan via zoom yang dibagi ke dalam empat room.

Pada sesi penutupan yang dilakukan oleh Wakil Dekan I FTK, Dr. M. Chalis, M.Ag, juga diumumkan tiga best presenter terpilih yaitu, Ahmad Lubab, Zakiyah dan Siti Khasinah.

Chalis dalam sesi penutupan mengucapkan terima kasih apresiasi yang mendalam kepada Panitia, Moderator dan seluruh pihak yang telah bergabung dalam sebuah forum diskusi ilmiah yang diselenggarakan oleh FTK UIN Ar-Raniry ini, dengan harapan semoga pandemi ini dapat segera berlalu dan kita dalam melakukan even-even ilmiah ini dalam suasana luring, sehingga para narasumber, presenter dan peserta tidak hanya bergabung secara virtual namun dapat menikmati indahnya kota Banda Aceh

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads