Pemerintah Aceh Siap Bangun Infrastruktur PORA di Pidie

Gubernur Aceh, Nova Iriansyah berkomitmen penuh mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Aceh (PORA) ke XIV,  yang akan diselenggarakan di Kabupaten Pidie pada tahun 2022 mendatang.

Dalam kaitan itu Pemerintah Aceh siap membantu pembangunan sejumlah infrastruktur yang akan menjadi pusat pertandingan atau main venue dalam ajang laga olahraga multi event empat tahunan itu.

Hal tersebut disampaikan Gubernur usai mendengarkan pemaparan dari Wakil Bupati dan Kepala Dinas Perkim Pidie, terkait rencana pembangunan sejumlah venue pertandingan PORA ke XIV, di Pendopo Bupati Pidie, Sabtu, (23/1/2021).

Gubernur mengatakan, pembangunan sarana dan prasarana untuk PORA di Pidie memang perlu dimaksimalkan. Apalagi nantinya Aceh juga akan menjadi tuan rumah PON di tahun 2024. Tentu saja sarana PORA tersebut akan dimanfaatkan secara berkelanjutan untuk berbagai ajang pertandingan, termasuk PON 2024 nantinya.

“Ketika pembangunan ini kita lakukan dengan kerja keras, maka kehadiran infrastruktur olahraga baru di Pidie harus menumbuhkan semangat berolahraga dan menarik minat berwisata masyarakat,” kata Nova.

Menanggapi kebutuhan perencanaan  anggaran untuk pembangunan sejumlah venue pertandingan, Nova meminta jajaran Pemkab Pidie dan KONI untuk mengkonsolidasikan sumber anggaran terlebih dahulu. Ia mengatakan, pembangunan tersebut akan begitu berat jika hanya dibebani pada Anggaran Pendapatan Belanja Aceh (APBA) saja.

“Kemungkinan juga ada peran swasta, BUMN, Pemerintah Pusat atau ada sumbangan dari asosiasi usaha tertentu. Dengan demikian biaya untuk pembangunan akan lebh terbantu,”kata Nova.

Mantan anggota DPR RI yang juga politisi Demokrat itu menyatakan pihaknya siap untuk membangun komunikasi dengan BUMD dan Kementerian terkait, agar mereka bisa memasukkan salah satu venue pertandingan PORA Pidie sebagai salah satu program pembangunannya.

Sebelumnya, Wakil Bupati Pidie, Fadhlullah TM Daud, mengharapkan dukungan penuh Gubernur Aceh untuk pembangunan sejumlah venue pertandingan PORA yang akan diselenggarakan di daerah yang ia pimpin tersebut.
Fadhlullah mengatakan, visi Pemkab Pidie tidak hanya sebatas pembangunan sarana untuk pertandingan PORA saja. Lebih dari itu, pihaknya akan memanfaatkan sarana prasarana tersebut secara berkelanjutan. Seperti menjadikan area sport tourism yang mengundang minat masyarakat dari daerah lain untuk berdatangan ke Pidie, utamanya Sigli.

“Apapun infrastruktur yang kita bangun ini, pertimbangannya adalah setelah PORA nanti bisa bermanfaat bagi masyarakat kita. Untuk menuju ke arah sana, kami butuh dukungan luar biasa dari Pak Gubernur,” ujar Wakil Bupati Pidie itu.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads