Pasien Covid-19 yang Sembuh Bertambah 48 Orang, 16 Kasus Baru

Pasien penderita Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir bertambah 48 orang lagi.

Sementara kasus terkonfirmasi positif baru juga bertambah sebanyak 16 orang.

Pasien Covid-19 yang masih dirawat sebanyak 948 orang, dan tidak ada kasus baru meninggal dunia.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani kepada awak media massa di Banda Aceh, Selasa, 19/1/2021.

“Pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh tersebut telah selesai menjalankan isolasi mandiri atau sudah ke luar dari rumah sakit, tempatnya dirawat selama ini,” tuturnya.

Pasien yang dilaporkan sudah sembuh sebanyak 48 orang tersebut yang paling banyak warga Kota Lhokseumawe, sebanyak 32 orang. Kemudian, warga Kabupaten Pidie sebanyak 10 orang, dan warga Kota Langsa sebanyak 6 orang, rinci pria yang akrab disapa SAG itu. 

Sementara itu, lanjutnya, kasus-kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 di Aceh tersebar di lima kabupaten dan kota, yakni warga Kabupaten Pidie Jaya sebanyak enam orang dan warga Aceh Besar sebanyak empat orang. Selanjutnya, warga Kota Banda Aceh sebanyak tiga orang, Lhokseumawe dua orang, dan satu lagi warga Gayo Lues. 

Selanjutnya, SAG menghimbau kepada penderita baru Covid-19 dapat menjalani perawatan sesuai anjuran medis yang menanganinya. Bagi yang tidak memiliki gejala dan dianjurkan isolasi mandiri, hendaknya dijalankan sesuai protokol kesehatan untuk melindungi anggota keluarga dan para tetangganya.

Begitu juga bagi penderita yang dirawat di rumah sakit rujukan atau Rumah Sakit Umum Daerah, hendaknya menjalankan prosedur perawatan dengan baik. Percayakan semua tindakan perawatan kepada dokter dan tim medis lainnya supaya dapat ditangani secara optimal dan segera dapat meninggalkan ruang perawatan tersebut.

“Bila mengikuti semua anjuran dokter dan tim medis, istirahat total di ruang perawatan, dan berdoa, Insya Allah segera pulih dari gelaja Covid-19 yang sangat tidak nyaman itu, dan sembuh kembali seperti sedia kala,” tutur SAG.

Kasus Kumulatif

Selanjutnya, seperti biasa, Juru Bicara Pemerintah Aceh itu melaporkan kasus kumulatif Covid-19, sejak kasus pertama diumumkan, 27 Maret 2020 silam. Jumlah akumulasi kasus Covid-19 Aceh sudah mencapai 9.071 orang. Penderita yang dirawat saat ini 948 orang, sudah sembuh sebanyak 7.749 orang, dan 374 orang meninggal dunia.

“Alhamdulillah, tidak ada pasien Covid-19 yang meninggal dunia dalam 24 jam terakhir,” ujar SAG.

Lebih lanjut, Jubir SAG mengatakan, kasus-kasus probable di Aceh secara akumulasi saat ini sebanyak 650 orang. Dari jumlah kasus probable tersebut, 19 orang dalam penanganan tim medis (isolasi RS), 571 sudah selesai isolasi, dan 60 orang meninggal dunia.

Sedangkan jumlah kasus suspek di seluruh Aceh hari ini telah mencapai 6.266 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 6.102 orang sudah selesai masa isolasi, 103 orang dalam proses isolasi di rumah, dan 61 orang isolasi di rumah sakit.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads