Kasus Aktif Covid-19 dalam Perawatan 900 Orang, Dua Orang Sembuh

Kasus aktif Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang masih menjalani perawatan di Aceh masih sebanyak 900 orang, dan dua orang dilaporkan sembuh lagi. Sementara itu, kasus konfirmasi baru positif Covid-19 bertambah lagi 19 orang, dan tidak ada korban virus corona yang meninggal dunia, 24 jam terakhir.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani—akrab disapa SAG—kepada awak media massa di Banda Aceh, Sabtu, 26-12-2020.

“Meski kasus konfirmasi baru Covid-19 bertambah belasan orang, namun tak bisa kita anggap remeh,” tuturnya.

Kasus konfirmasi baru yang dilaporkan setiap hari menunjukkan penularan virus corona masih terjadi di dalam masyarakat. Karena itu, kita terus menghimbau agar waspada dan disiplin mempraktikkan perilaku baru dengan 3M. Mencuci tangan pakai sabun sesering mungkin di bawah air yang mengalir, memakai masker, dan menjaga jarak, keniscayaan saat ini.

Program Gerakan Tenaga Kesehatan Cegah Covid-19 tahap dua yang sedang dilaksanakan di seluruh Aceh diharapkan akan meningkatkan penemuan kasus-kasus baru yang belum terdeteksi melalui tracing dan testing. Isolasi mandiri bagi yang menderita flu dan demam juga akan memperkecil risiko penularan virus corona dalam masyarakat.

Kasus Kumulatif

Selanjutnya, seperti biasa, Juru Bicara Covid-19 Aceh itu melaporkan kasus kumulatif Covid-19, sejak kasus pertama diumumkan, 27 Maret 2020 silam. Jumlah akumulatif kasus Covid-19 Aceh sudah mencapai 8.698 orang. Penderita yang dirawat saat ini 900 orang, sudah sembuh sebanyak 7.454 orang, dan 344 orang meninggal dunia.

Kasus konfirmasi baru sebanyak 15 orang meliputi warga Kota Banda Aceh sebanyak tujuh orang, warga Kabupaten Pidie Jaya dan Kota Lhokseumawe sama-sama lima orang. Dua orang lainnya merupakan warga Kabupaten Aceh Barat dan Aceh Utara.

“Penderita Covid-19 yang dilaporkan sembuh sebanyak dua orang, yakni warga Kabupaten Pidie Jaya dan Kota Lhokseumawe dan tidak ada laporan penderita yang meninggal dunia,” tambah SAG.

Lebih lanjut, Jubir Pemerintah Aceh itu mengatakan, kasus-kasus probable di Aceh secara akumulasi saat ini sebanyak 636 orang. Dari jumlah kasus probable tersebut, 36 orang dalam penanganan tim medis (isolasi RS), 545 sudah selesai isolasi, dan 55 orang meninggal dunia.

Sedangkan jumlah kasus suspek di seluruh Aceh hari ini telah mencapai 5.045 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 4.769 orang sudah selesai masa isolasi, 246 orang dalam proses isolasi di rumah, dan 30 orang isolasi di rumah sakit.

#satgascovid19#ingatpesanibu#ingatpesanibupakaimasker#ingatpesanibujagajarak#ingatpesanibucucitangan#pakaimasker#jagajarak#jagajarakhindarikerumunan#cucitangan*#cucitangandengansabun

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads