Menag RI Resmikan Gedung Baru dan Sampaikan Orasi di UIN Ar-Raniry

Menteri Agama RI, Jenderal TNI (Purn) H Fachrul Razi meresmikan gedung Ruang Kuliah Umum (RKU) serta peluncuran Rumoh Moderasi Beragama dan program Guruku (Gerakan Seribu Buku).

Peluncuran dan penandatangan prasasti peresmian gedung baru tersebut dilakukan usai menyampaikan orasi ilmiah dalam rangka pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN) UIN Ar-Raniry Banda Aceh, bertempat di Gedung Auditorium Ali Hasjmy Kopelma Darussalam Banda Aceh, Senin (14/12/2020).

Proses penandatangan prasasti peresmian disaksikan Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Dr H Warul Walidin AK MA, Ketua Senat UIN Ar-Raniry, Prof Dr H Azman Ismail MA serta sejumlah pihak terkait.

Dalam orasi ilmiahnya, Menag RI Jenderal TNI (Purn) H Fachrul Razi mengingatkan para Aparatur Sipil Negara (ASN) khususnya ASN dilingkungan UIN Ar-Raniry untuk berpegang teguh pada Pancasila sebagai falsafah hidup Bangsa, Dasar dan Ideologi Negara Republik Indonesia.

“Founding Fathers bangsa ini dan semua Warga Negara Indonesia telah berkomitmen dengan ideologi pancasila. Jangan sampai kita di cerai-beraikan dengan paham apapun yang pada akhirnya meruntuhkan ideologi pancasila dan bangsa ini”, kata Fachrul Razi dalam orasi ilmiahnya dihadapan ASN dilingkungan UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Senin (14/12).

Menurut Fachrul Razi, wajib hukumnya bagi semua Aparatur Sipil Negara (ASN) berkomitmen dan berpegang teguh pada ideologi pancasila. Ia berharap semoga tidak ada ASN yang menjadi pengkhianat pancasila.

“Jika ada ASN yang tidak setuju dengan ideologi pancasila, saya kira kita sependapat bahwa dia tidak pantas menjadi ASN”, katanya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) harus memiliki sikap militan dan mampu menjadikan regulasi dan peraturan perundang-undangan menjadi panduan.

“ASN adalah representatif wajah atau image Negara. Masyarakat umum akan memberikan penilaian atas bagaimana wajah negara itu di indikasikan dalam perilaku kita selaku ASN baik saat kita bekerja maupun di rumah masing-masing”,katanya.

Menag RI memberi contoh jika ASN memiliki kesantunan jiwa, saling menghargai dan menghormati maka institusi Negara akan dinilai baik. Sebaliknya jika perilaku dan akhlak kita selaku ASN termasuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dan berperilaku jahat seperti tutur kata yang kurang sopan, menebar kebencian, korupsi dan berperilaku tidak adil maka citra negara juga jelek.

Rektor UIN Ar-Raniry, Prof. Dr. H. Warul Walidin AK, MA mengatakan, Menteri Agama RI  Jenderal TNI (Purn) H Fachrul Razi menadatangani prasasti gedung ruang kuliah umum yang dibangun dengan dana SBSN-PBS APBN tahun anggaran 2019 dan piagam Rumoh Mederasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh, pada kesempatan itu,  penasehat DWP Kemenag RI, Anni Sulistiowati Fachrul Razi juga melakukan penandatanganan prasasti peresmian PAUD Qurrata Ainaini Dharma Wanita Persatuan UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Warul Walidin mengungkapkan, sikap moderasi sangat penting bagi suatu bangsa, menurutnya, moderasi beragama telah masuk dalam Rancangan Perencanaan Jangka Menengah Nasional  (RPJMN) 2020-2024, dan UIN Ar-Raniry telah lama mengimplementasikan konsep moderasi ini yang mengacu kepada Renstra tersebut dengan nama Rumoh Moderasi.

Hal tersebut kata Rektor juga sejalan dengan visi UIN Ar-Raniry yakni menjadi universitas yang modern dalam keislaman, kebangsaan dan keuniversalan.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads