Tiba di RI, 1,2 Juta Vaksin Sinovac buat Tenaga Kesehatan

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan usai vaksin tiba di Indonesia pihaknya akan melakukan persiapan data sasaran penerima vaksin.

Nantinya, data yang disiapkan Kemenkes, akan diolah oleh Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN). Data tersebut akan dibentuk secara rinci by name by adress.

“Kementerian Kesehatan sedang menyiapkan jumlah sasaran dan kebutuhan vaksin per kabupaten kota. Selanjutnya data tersebut dimasukkan dalam tim sistem informasi di KPC-PEN, nanti di sana akan menyiapkan dalam bentuk data sasaran by name by address,” papar Terawan dalam konferensi pers virtual, Senin (7/12/2020).

Yang jelas untuk vaksin pengiriman pertama ini pihaknya akan memprioritaskan tenaga kesehatan dan jajarannya untuk menerima vaksin COVID-19 lebih dulu.

“Untuk vaksin pengiriman pertama ini, yang pertama akan dapat sasaran adalah tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, dan tenaga penunjang yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan,” ujar Terawan.

Terawan sendiri saat ini masih menunggu vaksin COVID-19 mendapatkan sertifikat emergency use authorization (EUA) dari BPOM untuk kemudian bisa didistribusikan.

Pelaksanaan distribusi vaksin sendiri akan dilakukan dengan prosedur cara distribusi obat yang baik (CDOB). Terawan mengatakan pihaknya akan menjamin kualitas vaksin sampai diterima oleh masyarakat.

Proses distribusinya sendiri, vaksin yang sudah dibawa menuju fasilitas penyimpanan milik Bio Farma, akan didistribusikan melalui dinas-dinas kesehatan daerah. Nantinya akan ada gudang vaksin di tiap dinas kesehatan provinsi, setelah itu baru vaksin diedarkan oleh dinas kesehatan di bawahnya.

“Sesuai dengan rencana distribusi vaksin COVID-19 yang sudah dibahas bersama, maka vaksin didistribusikan ke gudang vaksin di dinas kesehatan provinsi dahulu. Kemudian nantinya diedarkan ke dinas kesehatan di bawahnya,” ujar Terawan. Detik

#satgascovid19#ingatpesanibu#ingatpesanibupakaimasker#ingatpesanibujagajarak#ingatpesanibucucitangan#pakaimasker#jagajarak#jagajarakhindarikerumunan#cucitangan*#cucitangandengansabun

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads