Walikota Target Masuk Zona Hijau, Warga Diingatkan Prokes 4 M

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman meminta warganya untuk tetap siaga dan waspada di tengah pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) yang kini masih saja ada penambahan jumlah kasus di seluruh Aceh.

Apalagi saat ini kata Walikota, sejumlah daerah di Aceh ditetapkan sebagai zona merah. Penilaian zona warna daerah tersebut berdasarkan analisis data surveilans Covid-19, data pemeriksaan laboratorium dari Kementerian Kesehatan, dan data rumah sakit online.

“Sejumlah daerah di Aceh beranjak ke zona merah. Kita patut berhati-hati dalam berinteraksi dengan orang baru, dan jangan bepergian ke luar daerah jika tidak urgen,” kata Aminullah

Sementara Banda Aceh sendiri saat ini kata Aminullah berada di zona orange dan sedang mengupayakan keluar menuju zona hijau.

Untuk itu, ia sangat intens dalam mengingatkan warga kota agar waspada dan terus menjalankan protokol kesehatan (prokes) 4M: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

“Tak henti saya ingatkan kepada seluruh warga untuk terus menahan diri agar tidak melakukan aktivitas di luar rumah. Kalau pun ada yang beraktivitas tetap menjaga jarak 5 kaki atau 1 sampai 1,5 meter dan memakai masker,” ujarnya.

Sementara itu menyikapi akan datangnya libur panjang akhir Oktober nanti, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Banda Aceh bersama Pemko melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus Covid-19.

Sebagaimana diketahui pada akhir Oktober ini akan ada libur panjang, yakni libur nasional Maulid Nabi Muhammad SAW pada tanggal 29 Oktober 2020. Libur peringatan Maulid ini diberikan cuti bersama mulai tanggal 28 dan 30 Oktober 2020. Kemudian berlanjut dengan libur hari Sabtu dan Minggu, yakni tanggal 31 Oktober dan 1 November.

Ia menyampaikan, Forkopimda Banda Aceh telah mengusulkan perketat perbatasan akses masuk ke Aceh saat mengikuti rapat video conference dengan Forkopimda Aceh. “Kalaupun diberikan izin masuk ke Aceh harus memiliki surat keterangan kesehatan. Dan usulan itu diterima,” kata Wali Kota.

satgascovid19#ingatpesanibu#ingatpesanibupakaimasker#ingatpesanibujagajarak#ingatpesanibucucitangan#pakaimasker#jagajarak#jagajarakhindarikerumunan#cucitangan*#cucitangandengansabun