Negatif Corona, 51 nelayan Aceh dipulangkan besok

Sebanyak 51 orang nelayan Aceh dari Thailand dinyatakan negatif dari infeksi COVID-19, sehingga akan segera dipulangkan ke daerah Tanah Rencong yang telah dijadwalkan pada Selasa, (6/10) besok.

“Paling penting saya minta tetap jaga diri saat pulang ke Aceh. Jadi harus selalu memperhatikan protokol kesehatan,” kata Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah, dalam keterangan yang diterima di Banda Aceh, Senin.

Hal itu disampaikan Nova saat bertemu langsung dengan beberapa nelayan Aceh, bersama Kepala Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA) Almunzi Kamal, Dansatgas COVID-19 Wisma Atlit Pademangan, Kolonel Chk Anggiat Lumban Toruan, di Jakarta.

Sejak dipulangkan dari Thailand, 51 nelayan Aceh itu berada di Wisma Atlet Pademangan, Jakarta, untuk menjalani pemeriksaan swab PCR, dan hasilnya semua nelayan dinyatakan terbebas dari COVID-19 atau negatif.

Nova mengatakan, dirinya akan mengupayakan bantuan untuk 51 nelayan tersebut, mengingat keberadaan mereka dalam kondisi musibah. Namun ia tidak merincikan bentuk bantuan yang diberikan.

Namun, terlebih dahulu Nova meminta agar para nelayan tersebut fokus mengikuti upaya pemulihan psikologisnya, meskipun kondisi fisik mereka sehat. 

“Kita usahakan untuk memberikan upaya khusus perbaikan kondisi psikologis terhadap keluarga. Ini kita upayakan sesegera mungkin yang penting mereka bisa dipulangkan ke Aceh terlebih dulu,” kata Nova. 

Gubernur Aceh berterimakasih kepada Raja Thailand Rama X yang memberi pengampunan kepada nelayan Aceh. Begitu juga untuk Kementerian Luar Negeri, Kementerian Kelautan dan Perikanan, KBRI di Bangkok, dan Konsulat RI Songkhla yang telah mempermudah pemulangan nelayan Aceh.

Kemudian, ucapan terima kasih tersebut juga disampaikan kepada Satgas COVID-19 yang sudah memfasilitasi para nelayan Aceh selama masa karantina di Wisma Atlet Pademangan.

Diketahui ke 51 nelayan yang dipulangkan dari Thailand dan tiba di Jakarta, pada Kamis (1/10) lalu. Mereka semua dibebaskan setelah mendapat ampunan oleh Raja Thailand Rama X, bertepatan pada hari ulang tahunnya. Antara

#satgascovid19#ingatpesanibu#ingatpesanibupakaimasker#ingatpesanibujagajarak#ingatpesanibucucitangan#pakaimasker#jagarak#jagajarakhindarikerumunan#cucitangan#cucitanganpakaisabun

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads