Plt Gubernur: Penurunan Angka kemiskinan di Aceh Signifikan

Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengatakan tingkat investasi dan penurunan angka kemiskinan di Aceh sangat signifikan terlihat setelah 15 tahun usia perdamaian Aceh.

Hal itu disampaikan Nova dalam wawancara terkait 15 tahun perdamaian Aceh yang disiarkan stasiun TVRI, Sabtu (15/8/2020).

Nova mengatakan, kalau diukur head to head dengan provinsi lain, nilai investasi yang masuk dan penurunan angka kemiskinan di Aceh memang masih minim.

Namun, lanjut Nova, kalau titik ukurnya dimulai dari rentang waktu Aceh masih dilanda konflik bersenjata hingga hari ini, maka kenaikan tingkat investasi dan penurunan angka kemiskinana di Aceh sangat signifikan.

“Dalam masa konflik kita pernah 28 sampai 30 persen angka kemiskinan. Hari ini hanya 14,9 persen kira-kira,” ujar Nova.

Nova juga menyampaikan, banyak calon investor yang sudah masuk dan menyatakan minat untuk berinvestasi di Aceh. Nova menyebut sejumlah contoh perusahaan besar seperti Repsol, Premier Oil, hingga Mubadala Petroleum.

Selain itu Nova juga menyebut investasi di PLTU Nagan Raya, PLTP Seulawah dan PLTP di Kota Sabang, hingga sejumlah kerjasama dengan Dubai dan Arab Saudi.

Sementara itu, terkait perkembangan perdamaian Aceh, Nova mengatakan masyarakat Aceh sangat merasakan manfaat dari perdamaian tersebut.

“15 tahun perjanjian damai benar-benar sudah kita rasakan manfaatnya di Aceh,” kata Nova.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads