Di Hadapan Penasehat Menteri KKP, Abusyik Minta Pemerintah Pusat Perhatikan Masyarakat Pesisir di Pidie

Bupati Pidie Roni Ahmad, SE (Abusyik) mengharapkan perhatian semua pihak terutama Pemerintah Pusat dalam pembangunan masyarakat Pesisir di Kabupaten Pidie, dalam acara presentasi potensi perikanan dan kelautan bersama Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, MS, yang digelar di Oproom Setdakab Pidie, Kamis, 13 Agustus 2020.

Sehari sebelumnya Abusyik juga turut mendampingi penasehat Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, MS dan Rombangan saat melakukan kunjungan kerja ke Pidie pada Rabu, 12 Agustus 2020.

Dalam paparannya Bupati menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Pidie beserta lembaga Panglima Laot selama ini terus bekerja sama dalam pemanfaatan sumber daya laut Pidie.

Abusyik menjelaskan bahwa Sektor kelautan dan perikanan pada wilayah pesisir di Kabupaten Pidie memang cukup melimpah.

Hal ini dapat dilihat dari keaneka ragaman biota di perairan laut Pidie.

Selama ini, Pemkab Pidie bersama lembaga Panglima Laot selalu bergandengan tangan dalam memanfaatkan kekayaan alam secara berkelanjutan demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Dilanjutkan, dalam mewujudkan hal tersebut selama ini para pelaut di Pidie kerap dihadapkan dengan berbagai persoalan. Sebagian masalah yang dihadapi masyarakat pesisir selama ini adalah, muara-muara sungai telah menjadi dangkal.

“Akibat kedangkalan tersebut mengakibatkan nelayan di Pidie jika hendak melaut menjadi terhambat, karena harus menunggu air pasang. Kedangkalan muara sungai dipengaruhi oleh fenomena alam, maka perlu perhatian semua pihak, terutama dari pemerintah pusat dalam menangani masalah tersebut.” Pinta Abusyik di hadapan Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, MS, penasehat pada Kementerian KKP.

Abusyik berharap, dengan kedatangan Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, MS ke Kabupaten Pidie dapat memberikan solusi terhadap permasalahan yang selama ini dihadapi masyarakat pesisir.

“Selaku Bupati Pidie saya harap dengan kedatangan penasehat Kementerian KKP ke Pidie dapat melahirkan solusi alternatif untuk memperbaiki fasilitas ekonomi nelayan di Kabupaten Pidie ke depannya,” tutup Abusyik.

Sementara itu Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, MS, Penasehat Menteri Kelautan Dan Perikanan berjanji akan memberikan perhatian kepada masyarakat Pidie, dan akan menyampaikan semua masukan dan kondisi yang didapatkan selama kunjungannya, kepada Menteri Kelautan Dan Perikanan RI.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads