Aceh Tengah, Gayo Lues dan Aceh Tenggara Terima Sembako Dampak Covid-19

Sebanyak 1098 paket sembako untuk masyarakat kurang mampu yang berdampak akibat Covid-19 jatah Kabupaten Aceh Tengah tiba di halaman kantor bupati kabupaten setempat.

Selain paket sembako untuk korban berdampak Covid, Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah juga menerima bantuan dari pemerintah Aceh untuk buffer stok gudang berupa kebutuhan bayi, dan beberapa jenis bantuan lainnya yang bisa disimpan dan digunakan saat musibah bencana terjadi.

Sekretaris Dinas Sosila Aceh dalam arahan nya mengatakan, pemerintah baik melalui skema APBN, maupun APBA telah membantu Aceh Tengah dengan jumlah penerima manfaat melebihi angka kemiskinan yang ada di Kabupaten Aceh Tengah.

“Ini salah satu bukti keseriusan pemerintah dalam memperhatikan nasib masyarakat yang ada di dataran tinggi gayo,” demikian disampaikan Devi Riansyah dalam sambutannya mewakili Kepala Dinas Sosial Aceh Alhudri.

Sementara itu, Bupati Aceh Tengah Shabela Abu Bakar berterimakasih kepada Plt Gubernur Aceh dan pemerintah Aceh beserta jajarannya yang telah membantu meringankan beban pemerintah daerah dalam hal bantuan, baik untuk korban berdampak Covid-19 maupun korban banjir bandang yang belum lama ini menerjang daerah tersebut.

“Bantuan inilah sudah cukup lama kami tunggu-tunggu, selain bantuan provinsi, bantuan yang bersumber dari APBK Aceh Tengah juga ada kita siapkan untuk masyarakat agar merata,” ujar Shabela.

Gayo Lues 856 Paket

Sementara itu Pemerintah Kabupaten Aceh Gayo Lues, menerima 856 paket sembako dari Pemerintah Aceh melalui Dinas Sosial Aceh. Paket sembako yang berupa bantuan pengaman jaringan sosial (JPS) tersebut ikut diantarkan oleh sejumlah Truck Reo Kodam Iskandar Muda, untuk kemudian disalurkan kepada masyarakat setempat, yang mata pencahariannya terdampak akibat pandemi Virus Corona atau Covid-19.

Kepala Dinas Sosial Aceh, Alhudri, diwakili Kepala UPTD Rumoh Seujahtra Aneuk Nanggroe (RSAN), Abdul Jabar, menyerahkan paket sembako tersebut yang diterima Sekretaris Daerah Gayo Lues, Thalib M.AP, dan Kepala Dinas Sosial setempat, Sukri, di halaman Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus (Covid-19) Gayo Lues, Jumat 15/5/2020.
Abdul Jabar dalam sambutannya mengatakan, Bantuan sejumlah 856 paket tersebut diperuntukkan kepada 856 kepala keluarga (KK), yang nama-nama para calon penerima telah ditetapkan berdasarkan SK Bupati Gayo Lues tentang Penetapan Data Penerima Bantuan Dampak Corona Virus Diasese, yang telah diterima pihaknya sejak beberapa hari lalu.

Untuk itu, dia berharap agar paket sembako ini nantinya, benar-benar tepat sasaran dan dapat meringankan beban masyarakat yang membutuhkan bantuan selama masa pandemi Covid-19 di Aceh.

Sementara itu Kadinsos Gayo Lues, Syukri, mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan Pemerintah Aceh melalui Dinas Sosial Aceh. Dia berharap dengan bantuan ini dapat meringankan beban masyarakatnya yang terdampak akibat pandemic Covid-19 di Aceh. Syukri mengaku pihaknya akan segera menyalurkan bantuan tersebut melalui para relawan dan pilar-pilar kesejahteraan sosial setempat.

Aceh Tenggara Terima 1.883 Paket Sembako
Pemerintah Aceh melalui Dinas Sosial Aceh, menyalurkan 1.883 paket sembako untuk masyarakat miskin yang mata pencahariannya terdampak akibat pandemi Virus Corona atau Covid-19. Paket bantuan jaring pengaman sosial (JPS) tersebut ikut diantarkan oleh sejumlah Truck Reo Kodam Iskandar Muda dari Banda Aceh.

Bertindak mewakili Kepala Dinas Sosial Aceh, Alhudri. Kepala UPTD Rumoh Seujahtra Aneuk Nanggroe (RSAN), Abdul Jabar, mengatakan, Pemerintah Aceh menyalurkan 1.883 paket bantuan JPS untuk 1.883 kepala keluarga (KK) berdasarkan data dan nama-nama yang ditetapkan dalam SK Bupati Aceh Tenggara yang diterima pihaknya sejak beberapa hari lalu. Adapun nama-nama para calon penerima tersebut, adalah mereka yang bukan penerima bantuan sosial Pangan Non Tunai (BPNT), dan bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH).

Karena itu dia berharap, agar paket sembako ini nantinya, benar-benar tepat sasaran dan dapat meringankan beban masyarakat yang membutuhkan bantuan selama masa pandemi Covid-19 di Aceh. Adapun paket bantuan tersebut berisi, beras 10 kilogram, minyak goreng 2 liter, sarden 4 kaleng, gula 2 kilogram, dan mie instan 1 kotak .

“Namun apabila ada masyarakat miskin baru di Aceh Aceh Tenggara yang layak menerima bantuan, namun belum mendapatkan bantuan, kami mohon ini menjadi tanggungjawab Pemerintah Aceh Teggara untuk membantunya, baik melalui anggaran APBK maupun dana Desa,” kata Abdul Jabar.

Sementara Sekda Aceh Tenggara, Mohd. Ridwan, mengucapkan terimakasih atas paket bantuan yang dikirimkan Dinas Sosial Aceh tersebut. Menurut Ridwan, masyarakatnya memang sangat mengharapkan bantuan dari Pemerintah Aceh, untuk itu bantuan berupa paket sembako ini akan segera disalurkan melalui Dinas Sosial Aceh Tenggara.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads