Tips Perawatan Ringan Sepeda Motor Saat di Rumah

Memanfaatkan waktu luang saat di rumah pada bulan Ramadhan dengan kondisi saat ini dapat dilakukan dengan berbagai aktivitas atau kegiatan yang bermanfaat, adapun salah satu aktivitas yang dapat dilakukan adalah merawat sepeda motor. Misalnya mencuci kendaraan dengan bersih ataupun melakukan perawatan ringan sepeda motor kesayangan anda.

Menurut Abdillah selaku Technical Development Section Head PT. Capella Dinamik Nusantara (Capella Honda) mengatakan ada 5 tips ringan dalam melakukan perawaatan saat di rumah, yaitu :

Pertama mencuci sepeda motor, melakukan perawatan ringan dapat kita mulai dari mencuci motor, dimana kita dapat membersikan bagian bodi, mesin, hingga bagian dalam pada jok, selain bersih kita juga dapat mengetahui berbagai kemungkinan mengenai kondisi sepeda motor.

Kedua periksa kondisi oli, memeriksa kondisi oli dengan cara membuka dipstick oil atau pengukur oli pada mesin untuk mengetahui tingkat keenceran dan level ketinggian oli. Jika ingin mengganti oli sendiri cukup mudah sebab semua langkah-langkah sudah terdapat pada buku pedoman pemilik kendaraan.

Ketiga periksa kondisi rantai atau CVT, bagi konsumen yang memiliki sepeda motor cub ataupun sport dapat memeriksa kondisi kekencangan rantai pada motor, apabila saat pengecekan rantai kendur maka harus dilakukan penyetelan tetapi jangan terlalu kecang karena efeknya bisa membuat rantai cepat aus sedangkan apabila rantai terlalu kendur rantai akan terlepas dari gir .Sedangkan tipe matic pengecekan dapat dilakukan dengan menyalakan motor sembari mendengarkan suara mesin pada bagian CVT untuk mendeteksi adanya gangguan.

Kempat pastikan komponen penting keadaan baik, lakukanlah pemeriksaan pada komponen-komponen penting pada sepeda motor seperti lampu, kanvas rem, kondisi tekanan angin alur ban dalam keadaan baik untuk digunakan ketika berkendara.

Terakhir kelima pemeriksaan batere, melakukan pemeriksaan tegangan batere pada sepeda motor type terbaru cukup mudah, yaitu dengan melihat lampu indikator petunjuk tegangan batere pada speedo meter. Apalagi jika motor jarang digunakan tegangan batere akan drop, untuk mengatasi itu selalu hidupkan mesin jika tidak digunakan minimal 5 menit. Jika sepeda motor memakai remot, maka non aktifkan agar dapat batere remot awet.

“Apabila setelah melakukan pengecekan terdapat masalah pada motor, konsumen dapat menghubungi bengkel resmi, untuk pengguna sepeda motor Honda bisa menghubungi AHASS terdekat dan gunakan layanan service home atau layanan service di rumah” ujar Abdillah yang biasa disapa doctor bengkel.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads