Gubernur Aceh Ajak Santri Kawal Syariat Islam

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengajak santri mengawal pelaksanaan syariat Islam dan perdamaian di provinsi itu.

“Kami mengandalkan santri mengawal syariat Islam dan perdamaian Aceh. Pelaksanaan syariat Islam dan perdamaian merupakan anugerah terbesar bagi masyarakat Aceh,” kata Nova Iriansyah di Banda Aceh, Kamis.

Pernyataan tersebut disampaikan Plt Gubernur Aceh pada upacara Hari Santri ke-5 2019 tingkat Provinsi Aceh. Upacara dipusatkan di Lapangan Blangpadang, Banda Aceh.

Upacara dengan inspektur Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah. Semua peserta upacara, termasuk Plt Gubernur Aceh dan para undangan mengenakan sarung dan baju muslim.

Gubernur mengatakan, dayah atau pesantren merupakan tempat santri bernaung dan belajar ilmu agama. Sejatinya, dayah dijadikan sebagai lembaga pendidikan Islam yang rahmatan lilalamin, Islam yang toleran dengan setiap perbedaan.

Pola dialogis, tidak anarkis dan antikekerasan, menjadi sikap yang bijak dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi, terutama antarumat Islam di Aceh.

Diakui atau tidak, kata Nova Iriansyah, pola kekerasan dan cara-cara anarkis akan dapat mencederai pelaksanaan syariat Islam dan mengganggu perdamaian.

“Sikap bijaksana menjadi kunci penting merawat perdamaian dan mewujudkan keadilan di Aceh. Semangat ajaran ini pula yang memungkinkan santri berkontribusi dalam mengawal dan memperkuat pelaksanaan syariat Islam di Aceh,” kata Nova Iriansyah. Antara

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads