IPAU Kerjasama RSUD Zainal Abidin Gelar Aksi Kemanusiaan, Kumpulkan Darah 39 Kantong

Ikatan Pemuda Aceh Utara (IPAU) bekerjasama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Zainoel Abidin Banda Aceh menggelar aksi donor darah. Acara berlangsung di area terbuka komplek RSUD Zainoel Abidin, Kamis (10/10/2019).

Dari hasil donor darah tersebut terkumpul darah 39 Kantong.

Kegiatan yang dilaksanakan IPAU tersebut mendapat sambutan hangat dari kalangan masyarakat dari berbagai daerah di Aceh, terutama keluarga besar IPAU baik mahasiswa, pemuda hingga tokoh masyarakat Aceh Utara yang berdomisili di Banda Aceh dan sekitarnya.

Acara donor darah tersebut dibuka oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Keistimewaan Sekretaris Daerah Aceh, Dr. M. Jafar, SH, M.Hum. Turut hadir langsung saat pembukaan Direktur RSUD Zainoel Abidin, Dr. dr. Azharuddin, Wadir Penunjang dr Fakhrulrizal, Kadis Pendidikan Dayah Aceh Usamah El Madny, Anggota DPR Aceh dari Dapil Aceh Utara – Lhokseumawe, Ridwan Yunus, Tarmizi Panyang, dan Muslem Syamsuddin, Anggota DPRK Banda Aceh Sofyan Helmi, Dewan Penasehat IPAU, serta tokoh masyarakat lainnya.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Keistimewaan Sekretaris Daerah Aceh, Dr. M. Jafar SH M. Hum mendukung dan mengapresiasi kerjasama yang dilakukan IPAU dengan Rumah Sakit Zainoel Abidin terhadap kegiatan sosial serta komitmen kepada masyarakat.

“Kegiatan donor darah adalah hal yang sangat mulia, apalagi dilakukan di Rumah Sakit Zainoel Abidin yang menjadi sentral rujukan kesehatan masyarakat Aceh,” ujar M Jafar.

Menurutnya, kerjasama seperti ini adalah bentuk kepedulian dan kepekaan sosial, “Semoga menjadi spirit dan semangat bagi lembaga yang lain untuk melakukan kegiatan yang sama, dan ini penting bagi RS Zainal Abidin, karena masyarakat butuh rumah sakit dan sebaliknya,” sebutnya.

Sementara Direktur RSUD Zainoel Abidin, Dr. dr. Azharuddin menyambut baik kegiatan donor darah yang dilakukan oleh IPAU. Dia mengharapkan agar kedepannya ada kerjasama-kerjasama lain yang berhubungan dengan kesehatan.

“Kami dari pihak Rumah Sakit Zainoel Abidin sangat mengapresiasi adanya aksi kerjasama yang diinisiasi IPAU untuk berdonor darah. Semoga kedepannya ada kerjasama lain yang dilakukan IPAU di bidang kesehatan,” ucapnya.

Kegiatan donor ini bagaikan gayung bersambut, dimana ada pihak luar rumah sakit yang punya keinginan untuk berbuat, dan kita disini juga butuh hal yang sama. “Begitu banyak masyarakat yang butuh darah perharinya, semoga hal ini menjadi tambahan amalan kebaikan,” ungkap Azharuddin.

Ketua Umum IPAU Saifullah mengatakan, acara donor darah tersebut diprakarsai oleh IPAU bekerjasama dengan pihak Rumah Sakit Zainoel Abidin, dan atas dukungan dari berbagai elemen masyarakat Aceh Utara yang ada di Banda Aceh. Saifullah menuturkan, aksi donor darah berlangsung satu hari penuh dengan motto “Bakti IPAU untuk Aceh”.

“Darah merupakan hal yang sangat penting, namun dikabarkan stoknya sering menipis bahkan golongan darah tertentu stoknya habis total padahal sangat dibutuhkan oleh pihak medis. Karena itu Pengurus IPAU tergerak untuk melakukan aksi donor darah dengan mengajak semua elemen masyarakat Aceh terutama keluarga besar masyarakat Aceh Utara yang ada di Banda Aceh dak sekitarnya untuk mau mendonorkan darahnya,” ujar Saifullah.

“Alhamdulillah setelah kita sosialisasi secara intens, termasuk lewat media sosial Facebook, WhatsApp, ada puluhan orang yang sudah bersedia mendonorkan darahnya. Dan hari ini aksi donor terlaksana dengan baik dengan terkumpulnya darah 39 kantong. Kami dari pengurus IPAU menyampaikan terimakasih atas dukungan dan partisipasi semua masyarakat yang terlibat dalam aksi donor darah ini. Terimakasih juga kepada pihak RSUD Zainoel Abidin yang telah memfasilitasi terlaksananya acara dengan baik,” pungkas Saifullah.

Aksi donor darah tersebut, lanjut Saifullah, pihak panitia IPAU turut menyediakan doorprize seperti kipas angin dan hadiah menarik lainnya. Doorprize tersebut diundi selesai acara, dan diberikan kepada pendonor darah yang beruntung.

Pada kesempatan tersebut IPAU juga menyerahkan piagam penghargaan kepada RSUD dr Zainoel Abidin yang diterima Direktur RSUD tersebut.