Aceh Raih Penghargaan Pembina Teladan

Wakil Ketua Dekranasda Aceh, Dr. Ir. Dyah Erti Idawati menerima penghargaan sebagai Pembina Teladan kategori Upaya Melakukan Koordinasi dan Pembinaan Dekranasda Kabupaten/Kota dengan Dekranasda Provinsi pada Dekranas Awards 2019, yang diserahkan pada pameran Kriya Nusantara di Balai Kartini, Jakarta, 11 September 2019.

Dyah mengatakan, selama dua tahun ini pihaknya terus melakukan banyak inovasi baik dalam segi kwalitas maupun desain-desain produk baik dari Dekranasda Provinsi dan Kabupaten/Kota sehingga mendapatkan penghargaan tahunan dari Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) pada Pameran Kriya Nusantara 2019.

“Kita berharap, kedepan Dekranasda Aceh akan terus melahirkan kreasi-kreasi baru serta menjaga kwalitas produk yang dihasilkan. Adapun tujuan utama Dekranasda Aceh adalah untuk kemajuan pengrajin itu sendiri,” jelasnya.

Sementara, Ketua Umum Dekranas, Mufidah Jusuf Kalla mengatakan bahwa tahun ini pameran Kriya Nusa menampilkan berbagai karya kreatif bidang kerajinan dan dia bersyukur pameran itu bisa dilaksanakan lagi tahun ini.

“Industri kerajinan merupakan bagian dari ekonomi kreatif yang pertumbuhannya sangat cepat berkembang dan hampir di seluruh pelosok Tanah Air, baik dari skala mikro, kecil sampai menengah,” katanya.

Menurut Mufidah, industry ini peranannya cukup strategis bagi perekonomian nasional, karena secara histori, industry ini sangat lekat dengan keseharian kehidupan rakyat Indonesia.

Pameran Kriya Nusa 2019 diikuti oleh Dekranasda seluruh Indonesia yang memfasilitasi perajin di wilayahnya masing-masing. Tak hanya itu sejumlah BUMN dan Kementerian juga memfasilitasi mitra binaanya untuk terlibat, sehingga terdapat 246 stan yang terdiri dari: 37 stan Kementerian dan BUMN, 170 stan Dekranasda, 25 stan individu, 8 stan mitra, dan 6 stan asosiasi. ADV

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads