Kota Banda Aceh Juara Umum FLS2N SMA Tingkat Provinsi Aceh 2019

Kontingen Kota Banda Aceh berhasil berhasil menjadi juara umum Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) tingkat Provinsi Aceh tahun 2019 yang telah berlangsung di Kota Banda Aceh, sejak 23 hingga 27 Juli 2019.

Ajang yang diperuntukkan bagi siswa SMA se-Aceh ini diikuti 22 Kabupaten/Kota, terkecuali Kabupaten Simeulue yang gagal mengikuti even bergengsi itu dikarenakan factor cuaca.

Kontingen Kota Banda Aceh menjadi juara umum setelah behasil mengantongi 3 tropi juara satu, 5 tropi juara dua dan 2 tropi juara tiga untuk kategori SMA pada berbagai mata lomba. Adapun para juara satu pada cabang cipta puisi yaitu Dimas Putra Hadi Santosa (SMAN 1 Banda Aceh), cabang gitar solo yaitu Muhammad Djauza Zachri (SMAN 3 Banda Aceh), cabang tari berpasangan yaitu Muhammad Fauza Ruser dan Rauzhul Jinan (SMAN 12 Banda Aceh).

Lalu untuk juara dua masing-masing diraih pada cabang kriya putri yaitu Arsa Cindy Safitri (SMAN 7 Banda Aceh), cabang vocal solo putra yaitu Maurel Cinta Rajasa (SMAN 3 Banda Aceh), cabang vocal solo putri yaitu Putri Nurhalizah (SMAN 11 Banda Aceh), cabang desain poster putri yaitu Ihfazna Ayuni (SMAN 12 Banda Aceh), cabang film pendek yaitu Miftahul Ihsan dan Berryl Chaliq Arrahman (SMA Labschool Unsyiah).

Sedangkan juara tiga masing-masing diraih pada cabang baca puisi yaitu Ade Hayatun Nufus (SMAN 11 Banda Aceh) dan cabang desain poster putra yaitu Muhammad Tsani Kasyfillah (SMA Labshool Unsyiah).

Sekretaris Dinas Pendidikan Aceh, Muslem Yacob, S. Ag, M.Pd, Sabtu (27/07/2019) seusai menutup ajang FLS2N Tingkat Provinsi Aceh 2019 di Hotel Grand Aceh Syariah mengatakan setiap anak memiliki kreasi dan seni sejak usia dini, semakin lama dan beranjak dewasa semakin tumbuh bakat seninya. Sehingga pemerintah dinilai perlu untuk memnfasilitasi penyaluran bakat tersebut melalui ajang FLS2N tersebut.

“Kami yakin karya seni yang baik adalah karya seni yang berasal dari karya orisinil dari peserta bukan ciplakan dari orang lain. Aceh memiliki banyak potensi yang memiliki bakat, tapi banyak yg belum dapat disalurkan karena masih minimnya ajang penyaluran kreatifitas yang dilaksanakan,” terangnya.

Muslem menyampaikan selamat kepada kontingen Kota Banda Aceh yang telah berhasil meraih juara umum pada FLS2N tahun ini. Setelah tahun lalu direbut oleh kontingen Kabupaten Aceh Besar.

“Bagi peraih juara pertama pada masing-masing bidang lomba. Kami berharap kepada para pelatih, official dan peserta, untuk dapat melakukan persiapan menuju ke tingkat nasional. Pembinaan dan latihan rutin agar terus dilakukan secara terukur dan terprogram setiap hari,” pintanya.

Menurutnya, ajang FLS2N Tingkat Nasional 2019 akan dilaksanakan pada Bulan September mendatang di Bandar Lampung. Pihaknya menargetkan untuk membawa pulang juara sebanyak-banyaknya agar Aceh mendapat tempat di tingkat nasional nantinya.

“Pelatih harus mengatur sampai ke pola makan dan menjaga berat badan para peserta agar terlihat ideal pada penampilannya. Berlatih, jaga kesehatan, jaga pola makan agar bisa tampil maksimal di FLS2N Nasional 2019,” tuturnya.

Intinya, kata Muslem, syarat mutlak untuk dapat bertanding di tingkat nasional yaitu percaya diri dan tidak pantang menyerah. Pihaknya akan memberikan apresiasi khusus bagi siswa yang meraih juara di tingkat Nasional.

Sebelumnya Kepala Pembinaan SMA dan PKLK, Zulkifli, M.Pd mengatakan para juara satu pada masing-masing lomba di tingkat Provinsi, berhak mewakili Aceh pada FLS2N tingkat Nasional pada Bulan September mendatang di Bandar Lampung.

“Hingga berakhirnya kegiatan, kontingen Kabupaten Simulue tetap tidak bisa berhadir, dikarenakan perjalanan laut masih belum memungkinkan dan untuk transportasi udara masih kurangnya anggaran dari panitia,” cetusnya.

Turut hadir pada penutupan ajang FLS2N tingkat Provinsi Aceh 2019 yaitu Kasi Pengembngan Aplikasi TIK Tekkomdik Aceh, Drs Anwar M. Isa, M.Si, Kepsek SMAN Modal Bangsa, Dr Anwar, M.Ed, serta PPTK Disdik Aceh, Syukri Ali, M.Pd.

Adapun ke empat belas siswa SMA yang terpilih mewakili Provinsi Aceh untuk mengikuti ajang FLS2N Tingkat Nasional 2019 di Bandar Lampung adalah :
1. Fathia Ruziqni (SMAN 8 Takengon) pada cabang baca puisi.
2. Dimas Putra Hadi Santosa (SMAN 1 Banda Aceh) pada cabang cipta puisi.
3. Ardiansyah Cirro (SMAN Unggul Subulussalam) pada cabang monolog.
4. Muhammad Rifyalusshidqi (SMAN Modal Bangsa) pada cabang kriya putra.
5. Syarifah Fathimah Azzuhra (SMAN Modal Bangsa) pada cabang kriya putri.
6. M. Fauzan Khaidir (SMAN 1 Langsa) pada cabang vocal solo putra.
7. Kananda Putri Morisca (SMAN Modal Bangsa) pada cabang vocal solo putri.
8. Muhammad Djauza (SMAN 3 Banda Aceh) pada cabang gitar solo.
9. Afif Naufal (SMAN Modal Bangsa) pada cabang desain poster putra.
10. Qunun Qifa (SMAN Unggul Ali Hasyimi) pada cabang desain poster putri.
11. Daiyan Adhita Alghifari (SMA Sukma Bangsa Lhokseumawe) pada cabang film pendek.
12. Arief Alfitra (SMA Sukma Bangsa Lhokseumawe) pada cabang film pendek.
13. Muh Fauzan Ruser (SMAN 12 Banda Aceh) pada cabang tari berpasangan.
14. Rauzhul Jinan (SMAN 12 Banda Aceh) pada cabang tari berpasangan.
A

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads