Siswa Aceh Boyong Enam Medali Pada Ajang OSN Nasional 2019

Prestasi kembali dipersembahkan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) dari Provinsi Aceh di tingkat nasional. Kali ini sebanyak enam gelar juara berhasil diraih kontingen Aceh pada Olimpiade Sains Nasional jenjang SMA yang di gelar di Kota Manado, Sulawesi Utara.

Mereka yang berhasil meraih juara di tingkat nasional masing-masing yaitu, medali Perak Fisika diraih Ilham Darni (SMA Fatih Bilingual School), medali Perunggu Matematika Ahmad Faqih (SMA Fatih Bilingual School), medali Perunggu Informatika Hamlul Khair (SMAN Modal Bangsa Aceh), medali Perunggu Informatika Sulthan Afif (SMAN Modal Bangsa Aceh), medali Perunggu Astronomi Mikhail Gibran (SMAN Modal Bangsa Aceh) dan medali Perunggu Kebumian diraih Mashita (SMA Fatih).

Tentu saja bukan perkara mudah untuk dapat meraih gelar juara di tingkat nasional, karena atlet dari daerah berjuluk bumi Serambi Mekkah ini harus berkompetisi menghadapi 33 provinsi lainnya di Indonesia yang juga ikut berkompetisi pada ajang tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin, didampingi Sekretaris Dinas Pendidikan Aceh, Muslem, Kabid Pembinaan SMA dan PKLK, Zulkifli, dan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Bidang Pembinaan SMA dan PKLK Dinas Pendidikan Aceh, Syukri, menjemput langsung kepulangan kontingen Aceh, Minggu (7/7/2019), di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Blangbintang, Aceh Besar.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin, menyampaikan bahwa keberhasilan yang diraih siswa-siswi yang mewakili Provinsi Aceh pada Olimpiade Sains Nasional jenjang SMA merupakan suatu yang membanggakan, pasalnya hanya satu perunggu yang bisa dibawa pulang kontingen Aceh pada ajang yang sama di tahun lalu.

“Alhamdulillah sesuai dengan apa yang kita inginkan, mereka anak-anak kita berhasil meraih enam penghargaan di tingkat nasional. Walaupun belum mendapat emas, tetapi saya yakin apabila kita terus melakukan pembinaan maka kedepan mereka akan mampu meraih emas,” ujar Kadisdik Aceh.

Menurutnya, peluang meraih prestasi pada event berikutnya sangat diyakini. Hal ini dilihat dari usia dan peserta didik tersebut masih duduk di kelas X, artinya masih ada peluang bagi mereka untuk meraih prestasi. Sebab, mereka sudah memiliki pengalaman pada tahun ini.

“Tinggal bagaimana memperdalam. Insyaallah, Aceh kalau semua kita mendukung, termasuk masyarakat, maka cita-cita anak-naka kita akan terwujud,” katanya.

Masih kata Kadisdik Aceh, melalui prestasi yang diraih ini, setidaknya sudah mengantarkan mereka untuk menuju Perguruan Tinggi. Sebab, dengan selembar sertifikat penghargaan prestasi, apalagi ini bidang akademik tingkat nasional, menjadi kunci bagi mereka.

Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan Aceh, kata Kadisdik Aceh, pada setiap bidang yang dilombakan atau yang diapresiasikan, selalu memberikan penghargaan dalam bentuk Tropi, uang pembinaan.

“Untuk anak-anak kita yang berhasil meraih penghargaan di tingkat Nasional dan Internasional juara I, II dan III, Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan Aceh akan memberikan penghargaan pada momentum hari Pendidikan Daerah (HARDIKDA) setiap tanggal 2 September,” demikian Kadisdik Aceh.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads