Sebagian Warga Aceh Rayakan Idul Fitri Hari Ini

Puluhan ribu umat Islam pengikut ulama kharismatik Abu Habib Muda Seunagan di Provinsi Aceh, sudah merayakan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah pada Senin pagi.

Pengikut tharikat Syatariyah ini melaksanakan ibadah shalat ied di Kompleks Masjid Peuleukung, Desa Peuleukung, Kecamatan Seunagan Timur, Kabupaten Nagan Raya.

“Jumlah murid Abu Habib Muda Seunagan ini ada sekitar 50.000 orang lebih, semuanya tersebar di Aceh,” kata Teuku Raja Keumangan, cucu kandung Abu Habib Muda Seunagan kepada wartawan di Nagan Raya.

Penentuan jatuhnya 1 Syawal 1440 Hijriyah oleh pengikut ulama kharismatik tersebut didasarkan pada Hisab bilangan lima, yang dasar hukumnya tertuang dalam kitab ajaran Islam.

Metode hitungan ini, kata Teuku Raja Keumangan, hanya khusus digunakan oleh Tharikat Syatariyah dan sudah dikembangkan sejak 250 tahun silam, sejak Habib
Seunagan hidup di masa lalu.

Habib Seunagan adalah kakek dari Abu Habib Muda Seunagan atau akrab disapa Abu Peuleukung.

Selain di Nagan Raya, pengikut ulama kharismatik tersebut juga serentak merayakan Hari Raya Idul Fitri pada Senin pagi.

Mereka tersebar di sejumlah kabupaten di Aceh diantaranya Kabupaten Aceh Barat, Aceh Barat Daya, dataran tinggi Gayo, serta di daerah lainnya di Serambi Mekkah. Antara

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads